oleh

Deleng Kutu “Bukit Sembalunnya” Karo

-Travel-1.138 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Deleng Kutu mungkin terdengar asing bagi sebagian besar wisatawan lokal maupun bagi masyarakat Karo sendiri. Tapi tahukah anda bahwa bukit yang satu ini memiliki pesona yang luar biasa. Karena dari puncak bukit ini, mata kita akan dimanjakan pemandangan yang indah berupa hamparan pertanian warga didukung udara yang sejuk.

Ketika berada di Puncak Deleng Kutu pandangan kita mengarah ke arah selatan, kita disuguhi pemandangan Ibukota yakni Kota Kabanjahe yang terhampar luas dan memanjang.

Di sebelah utara pandangan kita tertuju pada kota wisata Berastagi dengan puncak Gunung Sibayak dan Bukit Gundaling nan indah. Berpaling ke arah timur, kita dapat melihat kaki Gunung Barus yang memanjang menghiasi wilayah Kecamatan .

Dan yang terakhir, sebelah barat pemandangan yang sangat menarik. Dimana berdiri kokoh yang terus menunjukkan keaktifannya hingga saat ini. Belum cukup sampai disitu, view lebih eksotis dibawah kaki Gunung begitu indah dengan hamparan perladangan yang luas dan hijau yang tak kalah dengan keindahan bukit sembalun di Lombok Timur.

Baca Juga :  Gelombang Penangkapan Preman dan Pungli Kian Gencar, Namun di Kabupaten Karo Adem Saja
12
Salah satu spot selfie di Puncak Deleng Kutu. (karosatuklik.com/arie gintza)

Sejak tahun 2019, Pemerintah Desa Gurusinga melalui BUMDes mulai mengelola kawasan Deleng Kutu untuk dijadiken sebagai desa wisata. Letaknya yang strategis berada diantara segitiga , antara desa Gurusinga Kecamatan Berastagi dan Desa Kaban Kecamatan Kabanjahe serta desa Lingga Julu Kecamatan Simpang Empat.

Jangan khawatir akses jalan menuju lokasi wisata desa Gurusinga ini. Mudah dan praktis. Bahkan melalui dana ADD desa Gurusinga, naik mobil sedan pun bisa langsung naik keatas puncak. Karena infrastruktur jalan dari bawah hingga puncak sudah di lapen. 

Sayangnya, fasilitas yang terdapat di puncak Deleng Kutu masih terbilang minim. Namun BUMDes terus berbenah untuk memenuhi standar kebutuhan pengunjung. Ini terlihat ketika tim adventure wisata karosatuklik.com berkunjung pada siang Sabtu (6/08/2020), telihat beberapa warga desa yang sedang membangun sarana prasarana wisata, semisal Spot Selfie, Sapo Angin (Pondok -red), Kios, dan lainnya.

“Untuk sementara layanan kios dan pondok hanya dibuka hari libur atau di hari minggu saja, kalau spot selfie yang sudah selesai, dipersilahkan masuk untuk foto-foto, namun jangan merusak,” sambut seorang pengelola yang kebetulan sedang bertukang dalam pembenahan kawasan destinasi baru ini.

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan Secara Virtual, Wakil Bupati Karo: Percepat Serapan Anggaran Masa Pandemi Covid-19

Meskipun masih dalam pembenahan, sudah terlihat bahwa bentuk dan ide lokasi ini bakal sangat menarik untuk dikunjungi. Letaknya yang sangat strategis berada diantara segitiga emas, antara Desa Gurusinga Kecamatan Berastagi dan Desa Kaban Kecamatan Kabanjahe serta Desa Lingga Julu Kecamatan Simpang Empat, diprediksi lokasi wisata ini kelak bakal menjadi lokasi wisata baru yang diminti wisatawan di Kabupaten Karo, sepanjang dikelola dengan profesional oleh pemerintah desa setempat. Tertarik bukan, silakan datang mengunjungi objek wisata Deleng Kutu.(AS)

Komentar

Topik Terkait