Edi Keleng Ate Berutu Beri Dukungan Penuh Kepada Startup UMKM Dairi

Dairi, Sumut1183 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang semakin pesat tentu memerlukan sumber daya manusia yang mampu berkontribusi terhadap perekonomian selaku pelaku usaha.

Pelaku UMKM sebagai pondasi dasar untuk mengembangkan usaha yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati Dairi, Dr Edi Keleng Ate Berutu saat didaulat menjadi keynote speaker, sekaligus membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Senin (14/2/2022).

“Ini adalah program stimulan yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi talenta digital para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia,” ucapnya.

Saya semangat berada diantara para wirausahawan pelaku UMKM, karena mereka petarung yang tak gentar akan tantangan.

Selalu terbiasa melihat masalah sebagai peluang untuk mewujudkan ambisinya demi peningkatan ekonomi keluarga.

Edi Keleng Ate Berutu Beri Dukungan Penuh Kepada Startup UMKM Dairi

Senang sekali, sejak dimulai tahun lalu ternyata pelaku UMKM Kabupaten Dairi sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan transaksi non tunai sehingga mempercepat dan mengefisiensikan setiap usaha atau bisnis.

Hal ini tidak dipungkiri bahwa teknologi keuangan menjadi daya saing tersendiri dalam berusaha. Potensi ekonomi digital yang diperankan oleh pelaku UMKM sejatinya menjadi perhatian pemerintah. Keberpihakan dalam berbagai aspek perlu dilakukan agar pelaku ini tumbuh dan berkembang, khususnya dalam memanfaatkan perangkat digital.

“Maka salah satu upaya dalam medukung hal tersebut hari ini kita menyelenggarakan pelatihan ini agar peserta dapat memperoleh pengetahuan untuk penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) digital untuk peningkatan ekonomi,” umbuh Bupati.

Ini salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan (skill) SDM melalui pelatihan untulk menempa UKM terpilih untuk digembleng mendukung usaha-usaha muda (start-up). Semangat dan sukses bagi UMKM kabupaten Dairi. #DairiUnggul. (R1)