Jakarta, Karosatuklik.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memberikan dukungan atas penyelenggaraaan Festival Bunga dan Buah Tahun 2022 di Berastagi, Kabupaten Karo dalam rangka menciptakan event pariwisata berkualitas dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Kemelekatan nilai sejarah budaya daerah pada sebuah destinasi wisata memiliki keunikan menarik untuk dikunjungi. Festival ini diharapkan bukan hanya dapat dinikmati sebagai hiburan, tetapi juga memberi pengalaman estetis serta menjadi ruang diskusi dan edukasi sejarah budaya bagi setiap pemerintah, masyarakat serta semua pemangku kepentingan.

Hal ini disampaikan oleh Kemenparekraf Sandiaga Uno melalui Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparekraf, Rizki Handayani Mustafa saat menerima kedatangan Bupati Karo di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Festival Bunga dan Buah Masuk Kalender Kharisma Event Nusantara

Festival Bunga dan Buah merupakan salah satu event menarik dari Provinsi Sumatera Utara yang termasuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada 1 Maret 2022 lalu.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang menyampaikan, Festival Bunga dan Buah di Kabupaten Karo sudah diselenggarakan sejak tahun 80-an dan kembali diadakan pada 1-3 Juli 2022 mendatang di kota wisata Berastagi.

Festival ini akan diisi dengan sejumlah rangkaian acara mulai dari parade, perlombaan, atraksi budaya, pameran UMKM dan lainnya.

Bupati Cory Sebayang berharap melalui penyelenggaraan festival ini akan menghidupkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Karo, karena masyarakat maupun wisatawan akan datang berkunjung, menginap, dan juga berbelanja oleh-oleh.

Pasalnya, kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung akan membuka lapangan pekerjaan yang selama masa pandemi Covid-19 ini kian langka, kata Cory Sebayang.

Apalagi, sektor ekonomi kreatif dan pariwisata Kabupaten Karo memiliki potensi yang luar biasa. Namun selama pandemi, semua aktivitas pariwisata sempat terhenti. Sekarang ini sektor pariwisata mulai bergeliat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, ungkap Bupati.

Turut hadir dalam acara ini, Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan, Ir Nasib Sianturi,Msi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Munarta Ginting. (R1)

Baca juga:

1. Kemenparekraf Dorong 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas betul-betul Berkualitas dengan Penuh Totalitas

2. Tingkatkan Pasar Ekspor Kopi, KBRI Moskow Gelar Festival Kopi

3. Sandiaga Uno Ingin Produk Ekraf Deli Serdang jadi Lokomotif Penciptaan Lapangan Kerja

4. Memakai Jaket Jeans Dipadu Kain Ulos, Sandiaga Uno Memuji Desainer Medan

5. Sandiaga Uno Resmikan Pentas Danau Toba di Parapat

6. Catatan Redaksi, Mendorong Digitalisasi dan Inovasi Wisata Karo Ditengah Pandemi

Robert Tarigan SH

By Robert Tarigan SH

Editor dan Pimpinan Redaksi karosatuklik.com