oleh

Gelora Fajar Purba : Pembangunan Terminal Type B Kabanjahe dan Dermaga Tongging Dukung Karo Pintu Gerbang KSPN Danau Toba

-Berita, Karo-375 x Dibaca

, Karosatuklik.com – Kepala , SH, MH tinjau proyek pembangunan Terminal Kabanjahe yang direncanakan menjadi terminal tipe B modern pertama di , bahkan di Pulau Sumatera, untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, saat giat meninjau progres proyek pembangunan Termimal Type B, Veteran Kabanjahe, Kabupaten Karo, Selasa siang (27/10/2020).

“Terminal penumpang type B Kabanjahe, di bangun di atas lahan 6.450 meter persegi berbiaya Rp 18,664 miliar, dimulai sekitar akhir Mei 2020 hingga sekarang prosesnya terus berjalan, menggantikan terminal lama yang kondisinya tidak layak lagi,” kata Gelora Fajar Purba.

Kita patut berbangga, Terminal Kabanjahe direncanakan menjadi terminal tipe B modern pertama di Sumut, bahkan di Pulau Sumatera, karena desain dan konstruksinya (materialnya), dilengkapi tiketing, ruang tunggu penumpang, parkir bus, ada juga sarana untuk disabilitas, Mushollah, ruang baca, ruang bermain anak (ramah anak), ruang laktasi, food court, ruang pamer kerajinan dan produk lokal, sebutnya.

“Hal itu ditujukan untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai lintasan dan pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba,” tuturnya.

Progres Terminal Kabanjahe sudah mencapai sekitar 80 persen
Progres Terminal Kabanjahe sudah mencapai sekitar 80 persen. Karosatuklik.com/Robert Tarigan

Menurut Gelora Fajar Purba, , melalui program anggaran APBN dan APBD Provinsi terus berbenah. Selain Terminal Kabanjahe, juga sedang dikerjakan Dermaga Tongging.

Baca Juga :  Menjaga Proses Transisi Pemulihan Ekonomi, Gubsu : Hilangkan Ego

Dermaga Tongging

Kabupaten Karo merupakan satu dari tujuh kabupaten yang mewarisi keindahan Danau Toba. Untuk menyambut Geopark Kaldera Toba, juga tidak mau ketinggalan menghiasi wajah objek wisata Tongging.

Pembangunan terminal dan lahan parkir dermaga (Pelabuhan-red) tahap II terus dikebut. Sekarang tahap pengerjaan pembangunan terminal, lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya, sebutnya.

Pembangunan dermaga Tongging atas usulan Pemkab Karo ke Kementerian Perhubungan untuk mendukung kemudahan dalam sistem penyebrangan barang dan orang serta juga sebagai dermaga pariwisata untuk mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba, urainya.

“Selanjutnya, sejumlah fasilitas pendukung juga akan dibangun seperti, gedung syahbandar dan kantor, areal parkir, fasilitas perpindahan moda dan pedestrian serta penataan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya di area darat,” kata Kadishub.

Selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain di seputaran DTW Tongging, pembangunan pelabuhan atau dermaga Tongging dilakukan juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba. “Khususnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo,” ujar Gelora Fajar. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Berita Terbaru