oleh

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Jutaan Meter Kubik Kubah Lava Memiliki Potensi Runtuh

-Karo-192 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com di , kembali erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 2.800 meter, Jumat pagi (7/5/2021).

Masyarakat diminta menjauh zona-zona bahaya dan meningkatkan kewaspadaanya seiring semakin meningkatnya aktifitas Gunung belakangan ini, terlebih lagi Sinabung masih berada di level III atau siaga.
“Iya, telah terjadi erupsi Gunung Sinabung pada pukul 09.08 WIB tadi dengan tinggi kolom abu teramati 2.800 meter di atas puncak,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra kepada Karosatuklik.com.

Hal senada dikatakan Karo Cory Seriwaty Br Sebayang melalui Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karo, Juspri Mahendra Nadeak, S.Sos, MA, mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara, sebutnya.

Baca Juga :  Bupati Karo: Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku Sangat Membantu Mengedukasi Masyarakat Masa Pandemi Covid-19

Pantauan Karosatuklik.com, aktivitas Sinabung terus meningkat dua bulan terakhir. Hampir 2-3 kali seminggu erupsi.

Teranyar, pada Rabu (5/5/2021) pukul 06.00 WIB, Gunung Sinabung meluncurkan awan panas yang teramati dengan jarak 1.500 meter mengarah ke timur dan tenggara.

Gunung kabut jelas dan asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-200 meter di atas puncak.

Yang perlu diwaspadai, selain intensitas erupsi terus meningkat, kubah lava dan guguran potensi awan panas. Kubah lava di puncak Gunung Sinabung jutaan meter kubik akan menjadi ancaman dan teror yang sangat membahayakan.

Armen Putra, menambahkan, jutaan meter kubik kubah lava itu tidak stabil dan sewaktu-waktu dapat runtuh. “Potensi runtuh tinggi sekali kalau ada dorongan dan gaya gravitasi, seperti erupsi,” ujarnya kembali mengingatkan. (R1)

Komentar

Topik Terkait