Hari Ke-8 Pasca Banjir Bandang dan Longsor di Desa Simangulampe Pencarian Korban Hilang Terus Dilanjutkan

Humbahas, Sumut2017 x Dibaca

Doloksanggul, Karosatuklik.com – Hari ke-8 (delapan) pasca banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbahas, pencarian korban hilang terus dilanjutkan, Sabtu (9/12/2023).

Pencarian itu terus dilanjutkan setelah ada kesepakatan bersama dalam rapat Pos Komando Terpadu bersama Basarnas, Jumat (8/12) malam di ruang rapat Kantor Bupati Humbahas.

Sudah delapan hari proses pencarian korban hilang dengan segala upaya seperti pemindahan material batu-batuan berukuran besar menggunakan alat berat, pembersihan lumpur termasuk menyisir pinggiran danau toba, belum membuahkan hasil.

Pencarian korban hilang di area perairan juga dioptimalkan dengan melakukan penyisiran sepanjang 3,5 mil oleh penyelam tim Basarnas dan Polairud Polda Sumatera Utara.

Upaya pencarian korban di sekitar pantai juga dilakukan melalui pembersihan material longsoran dengan menggunakan excavator namun sampai saat ini hasilnya masih nihil.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE terus mengkoordinir dan mengarahkan proses pembersihan area dari pohon-pohon tumbang yang dianggap mengganggu pencarian, dilakukan dengan memotong dan memperkecil pohon-pohon yang bisa dianggap menyulitkan pencarian di daratan maupun di danau.

Begitu juga di areal rumah-rumah warga dan Gereja Katolik Simangulampe yang berlumpur dilakukan pembersihan melibatkan seluruh tim gabungan.

Di area perairan juga digiatkan sasaran pencarian dengan melakukan pembersihan area pinggir pantai yang dipenuhi potongan kayu, eceng gondok dan berbagai material lainnya untuk memudahkan proses pencarian. Dengan harapan agar korban hilang segera ditemukan.

Bupati minta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat, semoga beberapa hari kedepan setelah perpanjangan pertama proses pencarian, sangat diharapkan ditemukan titik terang penemuan para korban hilang. (R1)

Komentar