Jembatan Putus Total, Sekitar 160 KK Terisolir, Bupat Pakpak Bharat Langsung Turun Kelapangan Bawa Bantuan Sembako

Pakpak Bharat, Sumut2674 x Dibaca

Salak, Karosatuklik.com – Begitu mendengar jembatan putus, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor langsung turun kelapangan meninjau jembatan putus di Dusun Lae Mrempat, Desa Malum, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Rabu (5/3/2024.

Turut mendampingi Bupati Franc Bernhard Tumanggor, Camat Sitellu Tali Urang Jehe (STTUJehe), Mike Baskara Ujung, Kepala Pelaksana BPBD Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si.

Camat Sitellu Tali Urang Jehe, Mike Baskara Ujung menyatakan ketika di konfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) kepada Jurnalis Karosatuklik.com Biro Kabupaten Pakpak Bharat, penyebab terputusnya jembatan di Desa Malum, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe akibat intensitas hujan yang sangat deras.

Sama halnya, Augusman Padang menjelaskan, Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat mengakibatkan jalan amblas, menggerus pondasi jembatan hingga menghanyutkan badan jembatan pada hari Rabu 3 Maret sekitar Pukul 19.00 WIB.

Akibat peristiwa ini, lanjut Augusman Padang, akses jalan penghubung utama Desa Malum menuju Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe putus total, mobilitas masyarakat termasuk jalur pasokan logistik dan sembako, serta menyebabkan hasil-hasil pertanian sebagai mata pencaharian utama di Desa ini tidak bisa diangkut keluar.

“Total lebih kutang 160 Kepala Keluarga (KK) di Desa Malum dan sekitarnya terdampak akibat terputusnya jembatan ini,” ungkap Augusman Padang di lokasi.

Bupati Salurkan Bantuan Sembako

Selain meninjau kondisi jembatan yang putus total, Bupati dalam kesempatan ini juga membagikan puluhan paket sembako bagi warga yang terdampak bencana alam ini.

Ditengah guyuran hujan pada saat kunjungan di hadapan puluhan warga Desa Malu, Franc Bernhard Tumanggor berjanji akan segera membangun jembatan baru yang permanen di lokasi ini.

“Kami bersama Dinas PUTR dan Dinas Perhubungan, BPBD, akan segera melakukan perhitungan dan perkiraan biaya yang diperlukan, saya mohon masyarakat bisa bersabar ya,” ucap Bupati berjanji.

Terlihat juga di lokasi, tim BPBD Pakpak Bharat bersama masyarakat Desa Malum, tengah bersiap membangun jembatan darurat berupa beberapa batang pohon kelapa sebagai pengganti jembatan sementara. (WES)

Baca Juga:

  1. Bupati Franc Bernhard Tumanggor Pastikan Jalan Nasional Sumut-Aceh Dibangun Permanen
  2. Jalan Nasional Sumut-Aceh Putus Total: Pemkab Pakpak Bharat Gerak Cepat, Jalan Alternatif Sudah Bisa Dilintasi
  3. Besok Golden Time Pencarian Korban Hilang di Baktiraja Humbahas

Komentar