oleh

Ikut Pembekalan Kepemimpinan Secara Virtual, Adlin Tambunan: Referensi Dalam Memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat

Sei Rampah, Karosatuklik.com – Wakil Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri gelombang II tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, bertempat di ruang kerja Wakil Bupati, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (14/6/2021).

Berbeda dengan Bupati H. Darma Wijaya, pembekalan yang diikuti Wabup ini ditujukan kepada Kepala Daerah non-petahana dan berlangsung mulai hari ini sampai 18 Juni mendatang.

Dalam keterangannya, Wabup menyampaikan jika kegiatan yang ia ikuti ini dipandu langsung oleh Mendagri . Dirinya menyebut kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Kepala Daerah perihal mekanisme pemerintahan daerah secara komprehensif.

“Tadi Pak Mendagri mengimbau agar para pimpinan daerah harus memiliki konsep , hal ini penting sekali karena masa kerja yang terbilang cukup singkat yaitu hanya sampai dengan tahun 2024. Beliau juga menyampaikan agar dalam menyusun konsep pembangunan harus menpedomi RPJM nasional dan provinsi serta kebijakan pusat lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Januari-Mei 2021 Polri Tindak 19.229 Kasus Narkoba, DPR Sebut Pandemi Jadi Momentum Para Bandar

Terkait teknis pembekalan, Adlin menuturkan ada beberapa materi utama yang disajikan sebagai bahan kajian para peserta.

“Materi-meteri tersebut di antaranya perihal stabilitas politik, pemulihan ekonomi, pencegahan dan pemberantasan , pembangunan SDM dan reformasi birokrasi,” papar Adlin Tambunan.

Masih lanjut Wabup, materi-materi yang disampaikan akan diramu ke dalam 18 mata pelajaran dan selama pembekalan juga ada tahapan penyusunan rencana aksi yang dilaksanakan di bawah bimbingan coaching yang ditunjuk oleh Kemendagri.

Tantangan Semakin Kompleks

“Tantangan yang kita hadapi saat ini sangat kompleks, terlebih di tengah situasi pandemi yang belum usai. Efek lanjutan dari pandemi perlu diantisipasi dan dicari solusi terbaik. Seperti dampak ekonomi yang mengakibatkan pendapatan menurun, sehingga investasi mesti ditingkatkan. Juga aspek-aspek utama lain seperti kesehatan dan pendidikan, juga harus dicari cara penanggulangan dampak yang diakibatkan pandemi,” tuturnya lagi.

Terakhir lewat kegiatan ini, Wabup berharap semoga khazanah pengetahuan sebagai pemimpin semakin berkualitas.

Baca Juga :  Kejaksaan Agung Kawal 44 Proyek Strategis Senilai Rp142,9 Triliun

“Dan tentu hal ini akan sangat berguna sebagai referensi bagi kami dalam memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat kedepannya,” tandas Wabup. (R1)

Komentar

Topik Terkait