iPhone 17 Pro Diprediksi Jadi yang Pertama Gunakan Chipset 2nm dari TSMC

Teknologi2239 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Laporan baru muncul baru- baru ini mengungkap fakta menarik tentang varian iPhone 17 Pro.

Menurut laporan tersebut, iPhone berikutnya akan menjadi yang pertama dengan chipset yang dibangun pada proses 2nm TSMC. Seperti diketahui TSMC mulai mengerjakan proses 2nm pada tahun 2022, dan bahkan rumor menyebutkan bahwa iPhone 17 Pro akan menjadi perangkat pertama yang hadir dengan chipset yang menampilkan proses ini.

Produksi skala kecil dari proses 2nm diperkirakan akan debut di TSMC akhir tahun ini. Produksi massal akan dimulai pada awal tahun 2025, tepat pada saat iPhone 17 Pro dirilis pada musim gugur tahun depan.

Informasi ini tentu menambah panas rumor tentang chipset andalan Apple 2nm. Menariknya, rumor muncul awal tahun ini yang mengklaim bahwa Apple telah mengontrak keseluruhan proses 2nm TSMC, setidaknya pada awalnya.

Hal ini akan memberikan keuntungan tertentu bagi perusahaan dalam hal teknologi mutakhir baru. Apple dapat dengan mudah menyombongkan diri sebagai satu-satunya merek dengan proses 2nm yang super efisien. Bagaimanapun, merek tersebut diperkirakan juga akan menggunakannya pada chipset lain seperti Apple Silicon M-series.

Langkah selanjutnya setelah proses manufaktur 2nm adalah versi proses 2nm yang disempurnakan. Diperkirakan menjelang akhir tahun 2026, akan terjadi lonjakan sebesar 1,4nm. Tentu saja, hal ini berdasarkan laporan dan dapat berubah karena skenario yang tidak dapat diprediksi.

Seri iPhone 16 dan iOS 18 diharapkan hadir akhir tahun ini dengan fokus pada AI. Oleh karena itu, chipset Apple berikutnya diharapkan hadir dengan keberanian ekstra untuk pemrosesan AI.

Menariknya, sebagian besar pembuat chipset seperti Qualcomm dan MediaTek telah bekerja keras untuk membuat chipset mereka siap dan bertenaga untuk pemrosesan AI. Snapdragon 8s Gen 3 yang baru dirilis adalah contoh yang bagus. Kami berharap Apple juga mengikuti tren ini.

Seri Apple iPhone 16 diperkirakan akan mempertahankan chipset 3nm saat ini, namun diharapkan chipset baru dengan beberapa peningkatan untuk mendapatkan yang terbaik dari teknologi ini.

Informasi lain, kabarnya, produksi skala kecil dari chipset 2nm ini diperkirakan akan debut pada tahun ini, dan jadwal masuk produksi massal pada awal tahun 2025.

Lini waktu ini sesuai dengan jadwal peluncuran iPhone 17, iPhone 17 Plus, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max pada musim gugur tahun depan.

Tentunya rumor ini akan semakin membuat panas kabar tentang chipset 2nm andalan Apple. Sebelumnya, Apple telah mengontrak seluruh chipset 2nm TSMC.

Ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal teknologi canggih baru, dan Apple dapat dengan mudah sesumbar sebagai satu-satunya merek dengan chipset 2nm yang super efisien.

Selain di iPhone 17 Pro, chip 2nm ini juga diperkirakan akan terpasang di beberapa produk Apple Silicon Mac mendatang.

Terlepas dari rumor tersebut, Apple dijadwalkan akan meluncurkan iPhone 16 series dan iOS 18 pada akhir tahun ini dengan fokus utama di AI. (Selular.id)

Komentar