Kenang Jasa Pahlawan, Rutan Kabanjahe Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Karo729 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965, Rutan Kelas IIB Kabanjahe Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Rutan Kabanjahe, Senin (02/10/2023) Pukul 08.30 WIB.

Upacara yang mengusung Tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” berlangsung khidmat dengan perghormatan dan kesetiaan yang teguh terhadap Pancasila.

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe Chandra Syahputra Tarigan, SH, MH membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI bahwa Hari Kesaktian Pancasila mengharuskan insan pengayoman untuk mempertahankan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dan menjadikan Pancasila sebagai Benteng Ideologi Berbangsa dan bernegara dari generasi ke generasi supaya pemahaman ini tidak hanya berhenti pada satu generasi saja.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukakn untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang Tangguh di masa kini dan menjadi bangsa yang Tangguh di masa depan,” tandas Chandra Syahputra Tarigan.

Setia kepada Pancasila

Ia berharap agar seluruh pegawai Rutan Kabanjahe terus menunjukkan eksistensi dirinya sebagai abdi negara yang setia terhadap Pancasila serta menjalankan tugas, pokok dan fungsi dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

“Sebagai pengayom masyarakat dalam hal ini warga binaan, petugas pemasyarakatan harus dapat menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju dalam tatanan masyarakat,” pungkasnya.

“Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Peringatan hari kesaktian pancasila ini dilaksanakan sebagai wujud dan momentum untuk mengokohkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam hati. Sebagai perekat kesatuan dan persatuan bangsa, kobarkan semangat untuk bangkit bergerak bersama pancasila menciptakan kehidupan bangsa Indonesia yang aman, tentram, adil dan sejahtera. “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila,” ungkap Chandra Syahputra Tarigan.

Upacara ini berlangsung khidmat, diakhiri dengan do’a bersama dan foto bersama seluruh peserta upacara. (R1)

Komentar