Ketua PWI Sumut H Hermansyah Apresiasi Pemkab Karo Gelar UKW masa Pandemi

Berita, Karo1178 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H Hermansyah SE meminta insan pers di Kabupaten Karo untuk menjaga profesionalisme dan integritas di tengah disrupsi di segala lini.

Dalam industri komunikasi dan informasi yang begitu cepat, pers harus tampil di depan dan mampu menyajikan konten yang positif dan tidak menyesatkan bagi masyarakat.

Hal itu dikatakan Ketua PWI Sumatera Utara, H Hermansyah SE saat bincang-bincang dengan karosatuklik.com, Rabu (2/12/2020) Pukul 21.00 WIB di Berastagi.

Menurut Hermansyah, wartawan diharapkan ikut berperan dalam penanganan wabah Covid-19 di Sumatera Utara. Antara lain dengan memberikan informasi yang sejuk dan bermanfaat bagi masyarakat terkait Covid-19.

Selanjutnya, wartawan, khususnya anggota PWI Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat harus mengedepankan narasi-narasi positif masa pandemi terlebih lagi dalam situasi politik jelang Pilkada serentak 9 Desember 2020. “Dalam pemberitaan di tengah situasi bangsa yang sedang meriang akibat dampak pandemi, rekan-rekan wartawan harus tetap menjaga integritas dan profesionalitas,” pintanya.

Ketua PWI SUmut

PWI melalui Mapilu didorong untuk mengambil peran pengawasan dalam pesta demokrasi Pilkada di Sumatera Utara. Terlebih kini PWI sudah menghidupkan kembali Mapilu yang berperan melakukan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan Pilkada termasuk di Kabupaten Karo, sebutnya.

“Keberadaan wartawan tidak hanya dalam batasan sebagai pekerja pers semata-semata, akan tetapi lebih dari itu, menjadi faktor penting dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan berkualitas. Kabupaten Karo kaya akan potensi, baik sektor pertanian, pariwisata dan lainnya,” katanya.

Ketua PWI Sumut Hermansyah mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Karo terhadap kegiatan jurnalistik Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang tetap digelar meski ditengah pandemi Covid-19. “Pasalnya, semenjak wabah corona melanda, anggaran-anggaran dinas direfocusing ke penanganan Covid-19,” tuturnya.

Pemkab Karo melalui Bagian Humas dan Protokol bekerjasama dengan PWI menggelar “Pelatihan Jurnalistuk dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)” Kabupaten Karo Angkatan XXXII yang berlangsung di aula Hotel Grand Orri Berastagi, Rabu (2/12/2020) hingga Jumat (4/12/2020).

Sekedar mengingatkan, pada Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari menyerahkan Press Card Number One (PCNO) atau Kartu Pers Nomor Satu kepada H Hermansjah, SE.

PCNO diberikan kepada insan pers yang dinilai memiliki jasa dalam pengembangan dunia pers. Mereka adalah orang-orang yang memiliki dedikasi, integritas, dan profesionalisme di dunia pers.

Penerima PCNO juga harus menghasilkan karya jurnalistik antara lain berupa tajuk rencana, berita dan foto serta menjadi pelopor pengembangan genre antara lain media digital/cyber.

Secara konsisten berkontribusi membela kemerdekaan pers melalui gagasan, karya ataupun aktivitasnya dibidang advokasi. Penerima PCNO juga secara konsisten berkontribusi memajukan SDM Pers Indonesia melalui keterlibatan lembaga, atau pelatihan.

Hermansjah sejak 2008 telah ditetapkan PWI Pusat menjadi penguji nasional Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI berkedudukan di Medan. Sejak ditetapkan jadi penguji, Hermansjah sudah menguji puluhan wartawan dan menghantarkan terbanyak wartawan muda menjadi wartawan profesional dan kompeten dibidangnya. (R1)