Mengenal Kampung Batik Kauman, Salah Satu Kampung Batik Tertua di Kota Solo

Catatan Redaksi1485 x Dibaca

Solo, Karosatuklik.com – Kota Solo terkenal dengan salah satu daerah penghasil batik terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Makanya, tak kaget jika terdapat banyak kawasan di Kota Bengawan yang berproduksi batik. Salah satunya Kampung Batik Kauman yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon.

Kampung Batik Kauman yang berada di sisi selatan Jalan Slamet Riyadi disebut-sebut sebagai salah satu kampung batik tertua di Solo.

Melansir laman Surakarta.go.id, Senin (2/10/2023), menurut sejarah Kampung Batik Kauman dulunya adalah pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan dengan mempertahankan tradisi dengan cara membatik.

Batik Kauman lebih menampilkan motif batik klasik yang didasarkan pada pakem atau standar keraton. Bisa dikatakan motif batik Kauman lebih merepresentasikan motif batik yang dikenakan di Keraton Kasunanan.

Ada 3 jenis batik yaitu batik klasik dengan motif pakem (batik tulis) yang menjadi produk unggulan Kampung Batik Kauman, batik cap dan batik kombinasi cap dan tulis.

Terdapat lebih dari 30 industri batik di Kampung Batik Kauman sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk membeli batik Solo di tempat ini.

Keunikan yang ditawarkan di Kampung Batik Kauman adalah pengunjung dan penjual batik bisa berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan mengunjungi rumah industri batik mereka dan melihat proses produksi batik serta belajar membatik.

Jika Anda tertarik berkeliling ke Kampung Batik Kauman sebaiknya Anda berjalan kaki atau naik becak karena akses jalan di kampung ini berupa gang-gang sempit.

Dengan berjalan kaki Anda bisa menikmati bangunan tua dengan gaya arsitektur Jawa-Belanda, rumah joglo dan limasan. (SuaraSurakarta.id)

Berita Terkait:

  1. Kampung Bambu Bogor
  2. Keragaman, Keindahan Alam dan Prestasi Jadi Kekuatan Indonesia
  3. 6 Desa Unik Ini Hanya Ada di Indonesia

Komentar