Minions Resmi Jadi ‘Legenda’

Badminton, Sport2397 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Dunia badminton Indonesia kehilangan salah satu pasangan ganda putra fenomenal, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, yang dikenal dengan julukan Minions. Setelah Marcus Gideon menyatakan pensiun pada Maret lalu, kini giliran Kevin Sanjaya yang mengumumkan untuk gantung raket.

Mirip dengan Marcus, Kevin juga pamitan melalui pernyataan di akun media sosialnya pada Kamis (16/5), Kevin Sanjaya mengungkapkan bahwa ia telah memutuskan pensiun dari dunia badminton sejak Februari lalu.

“Waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini,” tulis Kevin.

“Saya di akhir bulan Februari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton. Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen, dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya,” lanjutnya.

Pensiunnya Kevin menyusul keputusan Marcus Gideon yang lebih dahulu mengakhiri kariernya pada 9 Maret lalu. “Thank You God for these 33 years! Pada hari ini tepat di usia 33 tahun, saya memutuskan untuk berhenti dari karier profesional badminton,” tulis Marcus dalam pengumumannya.

Dengan pensiunnya Kevin dan Marcus, Indonesia kehilangan salah satu ganda putra terbaik yang pernah dimiliki. Pasangan ini pernah menduduki peringkat satu dunia selama 214 minggu, mulai dari Maret 2017 hingga September 2022.

Selama kariernya, Minions berhasil meraih banyak gelar bergengsi. Selain dua gelar All England pada 2017 dan 2018, mereka juga merebut gelar Asian Games dan total lima gelar Super Series 1000 BWF.

Namun, Kevin menyebut ada dua gelar yang belum berhasil mereka raih, yaitu medali Olimpiade dan Kejuaraan Dunia. “Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus Gideon sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship,” tulis Kevin.

Kevin dan Marcus sempat diharapkan bisa merebut medali emas Olimpiade 2020 Tokyo, namun mereka hanya mampu melangkah hingga babak perempat final. Sementara di Kejuaraan Dunia, mereka mencapai perempat final pada 2017 dan 2018.

Kabar pensiunnya Kevin dan Marcus tentu meninggalkan kesan mendalam bagi pecinta badminton Indonesia. Minions telah menjadi ‘legenda’ memberikan banyak kebanggaan dengan prestasi mereka dan akan selalu dikenang sebagai salah satu pasangan terbaik dalam sejarah bulutangkis Indonesia. (Inilah.com)

Baca Juga:

  1. Hebat! Marcus/Kevin Pebulu Tangkis Indonesia Pertama Rajai Peringkat 1 Dunia Selama 4 Tahun
  2. 5 Ganda Putra Terbaik Dunia Satu Dekade Terakhir Versi Panelis BWF, 2 Berasal dari Indonesia
  3. Mengenang, Deretan Ganda Terkuat Dunia dari Indonesia Sepanjang Masa

Komentar