Nataru Semakin Dekat, Tim Gabungan Pemko Medan Intensifkan Monitoring Makanan Kadaluarsa

Medan, Sumut1518 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, tim Gabungan Pemko Medan melakukan monitoring terhadap distribusi makanan dan minuman kadaluarsa di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Medan, Jumat (22/12/2023).

Selain melakukan pengawasan makanan, Tim gabungan juga memastikan ketersediaan bahan pangan dan sembako di kota Medan cukup untuk menyambut hari besar keagamaan tersebut.

Monitoring ini dilakukan Tim Gabungan Pemko Medan yang dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kasat Pol PP Rakhmat Harahap di Berastagi Supermarket, Jalan Gatot Subroto Medan. Tim gabungan terdiri dari Diskopukmperindag Kota Medan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketapang, Perikanan dan Kelautan, Satpol PP kota Medan dan Dinas Kominfo Kota Medan.

Saat melakukan monitoring Kasat Pol PP Rakhmat Harahap bersama Kadis Kesehatan Taufik Ririansyah serta tim gabungan lainnya langsung melihat satu persatu tanggal kadaluwarsa atau expired date makanan dan minuman yang ada di etalase, mulai dari makanan kemasan dan minuman kaleng.

Tim gabungan juga mengecek produk olahan dan aneka makanan laut yang dibekukan di supermarket tersebut. Dari hasil monitoring tim gabungan tidak adan menemukan produk yang melewati tanggal kadaluwarsa serta memastikan stok pangan cukup.

Kasat Pol PP Kota Medan, Rakhmat Harahap, mengungkapkan kegiatan hari ini kita lakukan pengecekan swalayan terhadap barang makanan dan minuman yang kadaluarsa jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Selain itu, kita juga melakukan pengecekkan ketersediaan barang ataupun sembako agar stoknya cukup untuk masyarakat kita yang akan merayakan natal dan tahun baru.

“Kita lakukan pengecekan apakah ada barang makanan dan minuman yang dijual expired date. Dari hasil pengecekan ternyata tidak ada ditemukan makanan kemasan dan minuman serta produk olahan yang kadaluarsa,” jelas Kasatpol PP.

Menjamin Ketersediaan Bahan Pokok

Menurut Rakhmat Harahap, kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Surat Edaran Mendagri bagaimana kita harus mempersiapkan kesiapsiagaan kita terhadap keamanan dan ketertiban umum termasuk kebutuhan bahan pokok. Artinya bagaimana kenyamanan masyarakat yang merayakan natal dan tahun Baru dapat terjaga dengan baik.

“Ini merupakan bagian bagaimana Pemko Medan bisa menjamin ketersediaan bahan pokok untuk kelancaran Natal dan tahun Baru 2024,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Diskopukmperindag, Benny Iskandar diwakili Katim Perindustrian mengungkapkan stok kebutuhan pokok di Kota Medan jelang Natal dan tahun Baru 2024 cukup dan aman.

“Sembako dan bahan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya Beras, namun dapat diantisipasi dengan digelarnya pasar murah. Untuk kebutuhan pokok seperti Cabai merah sempat naik, namun saat ini sudah turun kembali di harga Rp 35 ribu satu kilonya,” jelasnya. (R1)

Komentar