Olimpiade Paris 2024, Menpora Targetkan Indonesia Berprestasi Lebih Tinggi Dibanding Tokyo 2020

Sport2184 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menargetkan kontingen Indonesia dapat meraih prestasi lebih baik di Olimpiade Paris 2024 daripada perhelatan sebelumnya di Tokyo 2020.

Hal itu disampaikan Dito selepas melakukan pengukuhan tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di gedung Kemenpora, Rabu (10/7/2024).

“Pastinya ini kita selalu berharap kita akan memiliki perolehan peringkat, juga medali yang lebih baik dari sebelumnya,” kata Dito kepada awak media.

Pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar 2021 silam, Indonesia finis di posisi ke-55 pada klasemen akhir dengan koleksi lima medali, yaitu satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Medali emas Indonesia diraih dari bulu tangkis melalui pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang sekaligus mempertahankan tradisi emas Merah Putih di pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Ada pun medali perak dipersembahkan lifter Eko Yuli Irawan di cabor angkat besi. Kemudian, tiga perunggu disabet oleh Windy Cantika Aisah (angkat besi), Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi), dan Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkis).

Pada ajang Olimpiade Paris, Dito mengatakan cabor bulu tangkis, panjat tebing, dan angkat besi akan menjadi tumpuan Indonesia untuk mendulang medali khususnya emas.

Namun, kata Dito, Indonesia memiliki peluang besar untuk terbang lebih tinggi dan meraih medali lewat cabor lainnya di Olimpiade Paris 2024. Apalagi, Indonesia telah meloloskan 29 atletnya dari 12 cabor ke Paris 2024.

Menurut Dito, jumlah atlet ini merupakan yang terbanyak selama 20 tahun terakhir. Dia pun berharap sejarah manis akan kembali dicetak oleh tim Merah Putih di Olimpiade.

“Banyak juga cabang olahraga yang perdana di Olimpiade kita loloskan. Dari peringkat-peringkat dan perolehan pada babak kualifikasi dan seri sebelumnya, ini sangat baik dan semoga bisa dijaga mentalitasnya, konsistensinya agar di Olimpiade 2024 bisa membuahkan medali,” ujar Dito.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie, memastikan pihaknya dan NOC Indonesia akan memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang akan berjuang untuk Merah Putih di Paris.

Salah satunya, ujar Anindya, adalah fasilitas Rumah Garuda yang disiapkan untuk mendukung semua kebutuhan atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

“Dari situ kita bisa antisipasi untuk bisa memberikan yang terbaik kepada para atlet yang tentu datangnya berbeda-beda, tetapi akan mulai bertanding pada akhir Juli ini,” ucap Anindya.

Olimpiade Paris 2024 akan diselenggarakan pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Kontingen Indonesia akan mulai diberangkatkan pada 13 Juli. Sementara, tim terakhir yang berangkat adalah atlet renang pada 22 Juli. (BeritaSatu)

Baca Juga:

  1. Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo, Indonesia Bikin Malu Malaysia, Thailand hingga Vietnam
  2. Salip Tiongkok, AS Berpeluang Besar Jadi Juara Umum Olimpiade Tokyo 2020
  3. Brazil Juara Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020

Komentar