Pakpak Bharat Gelar Evaluasi Mandiri Kabupaten Layak Anak 2023

Pakpak Bharat, Sumut488 x Dibaca

Salak, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terus berupaya untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagai sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan Evaluasi Mandiri Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 yang dibuka oleh Bupati diwakili Assisten l Setdakab Pakpak Bharat,, Robincem Kabeakan, Jumat (17/3/2023).

“Dalam rangka mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah, maka kami telah berkomitmen untuk mengintegrasikannya kedalam dokumen RPJMD, yang tertuang didalam Kebijakan Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2021-2026,” jelasnya.

Dalam arahannya berharap pengembangan KLA ini harus bisa membangun inisiatif yang mengarah pada upaya transformasi konsep hak anak kedalam kebijakan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

“Sehingga akan tercipta generasi emas Pakpak Bharat yang handal dan berkualitas,” terangnya.

Kegiatan Evaluasi Mandiri KLA 2023 ini juga menghadirkan tim independent dari UIN Medan, M. Jailani, S. Sos, MA guna membimbing dan mengarahkan semua peserta rapat dalam percepatan pengisian aplikasi evaluasi.

Pada kesempatan ini saya mengajak pada kita semua untuk saling mendukung, bahu membahu dan bersinergi demi kepentingan terbaik bagi tumbuh kembang anak-anak kita,” harap Robincem Kabeakan.

Sementara Tim independent dari UIN Medan, M. Jailani, S. Sos, MA, memaparkan, bahwa KLA merupakan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Kebijakan Kab/Kota Layak anak diatur dalam perundang-undangan sehingga pemerintah daerah menjadi lebih leluasa dalam melaksanakan komitmen pencapaian KLA di wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

“Evaluasi Mandiri KLA merupakan alat untuk mempercepat dan memastikan terpenuhinya hak anak, sehingga akan tercipta anak-anak generasi penerus yang handal dan berkualitas di Pakpak Bharat,” tutupnya. (R1)

Komentar