Pemkab Karo Berterimakasih Kepada Pemprovsu, Wagub Ijeck Kunjungi Taman Pojok Baca Kabanjahe

Karo596 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Cory Srywaty Sebayang dan Wakil Bupati Theopilus Ginting menyambut kunjungan kerja Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah ke Kabupaten Karo, Kamis (04/05/2023).

Turut hadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Karo, Dra. Rehjorena Br Purba, anggota DPRD Karo Ferianta Purba dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Karo.

Seperti diketahui, Pojok Baca Taman Kabanjahe merupakan program kegiatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karo dalam rangka menyediakan sarana dan prasarana membaca bagi masyarakat Kabupaten Karo.

Wakil Gubernur Sumatera Utara berkunjung untuk melihat Taman Pojok Baca yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang ada dibeberapa kabupaten/kota salah satunya di Kabupaten Karo.

Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah menyampaikan bahwa Pojok Baca tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan juga membantu kabupaten/kota untuk mengembangkan perpustakaan di daerah masing-masing.

Peranan perpustakaan, lanjut Ijeck sangat penting. Selain sekolah, membaca adalah aktivitas yang dapat menambah kecerdasan dan ilmu pengetahuan.

Literasi, tambah Ijeck sangat penting untuk kemajuan bangsa karena bagian dari pembangunan manusia yang dapat membuka jalan untuk memutus mata rantai kemiskinan karena mencakup kemampuan membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara.

“Literasi itu sangat penting dan saya berharap kehadiran Pojok Baca ini dapat meningkatkan pengembangan literasi di Sumatera Utara ini,” pungkas Ijeck.

Seperti diketahui, 10 Taman Pojok Baca yang merupakan program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten yakni berada di Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Labura, Kabupaten Batubara, Kabupaten Toba dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Meningkatkan Kulitas SDM

Dalam kesempatan ini, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprovsu dan Wagubsu. Ia berharap pojok baca ini nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Terimakasih atas pembangunan dan penyelenggaraan Pojok Baca ini, kami berharap dan berdoa pembangunan dan penyelenggaraan sarana dan prasarana membaca terus terlaksana di waktu yang akan datang, demi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Karo,” tutur Bupati kepada Wagubsu Ijeck.

“Dengan kehadiran Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe ini, perlu mendapat respon dan apresiasi positif caranya dengan memanfaatkan Pojok Baca ini, sesuai dengan fungsinya,” lanjutnya.

“Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dengan hadirnya Pojok Baca ini dapat meningkatkan Budaya Literasi di masyarakat khususnya generasi muda kita,” tuturnya.

Membaca merupakan literasi dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang guna memudahkan mereka beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Dan literasi membaca mempengaruhi maju mudurnya suatu bangsa. (R1)

Berita Terkait: Tingkatkan Budaya Literasi Membaca, Bupati Cory Sebayang Resmikan Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe

Komentar