Tingkatkan Budaya Literasi Membaca, Bupati Cory Sebayang Resmikan Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe

Karo1141 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang resmikan Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe di Jambur Dekranasda, Komplek Kantor Camat Kabanjahe Jalan Veteran Kabanjahe, Senin (10/04/2023).

Turut hadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Dwi Endah Purnawanti, M.Si beserta rombongan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Karo, Dra. Rehjorena Br Purba, Kepala Dinas Pertanian Ir Metehsa Karokaro, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Sarjana Purba, Sekretaris DPRD Karo Eva Angela,S.SS dan Camat Kecamatan Kabanjahe, Sanusi Bardena Sembiring S.Stp, MA, serta pihak terkait dan tamu undangan lainnya. (R1)

Pojok Baca Taman Kabanjahe merupakan program kegiatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karo dalam rangka menyediakan sarana dan prasarana membaca bagi masyarakat Kabupaten Karo.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Bab XIII tentang “Pembudayaan Kegemaran Membaca”.

Meningkatkan Kualitas SDM

Dalam kesempatan ini, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan ucapan terimakasih dan berharap pojok baca ini nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Terimakasih atas pembangunan dan penyelenggaraan Pojok Baca ini, kami berharap dan berdoa pembangunan dan penyelenggaraan sarana dan prasarana membaca terus terlaksana di waktu yang akan datang, demi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Karo,” tutur Bupati.

“Dengan kehadiran Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe ini, perlu mendapat respon dan apresiasi positif caranya dengan memanfaatkan Pojok Baca ini, sesuai dengan fungsinya,” lanjutnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dengan hadirnya Pojok Baca ini dapat meningkatkan Budaya Literasi di masyarakat khususnya generasi muda kita, tuturnya.

“Pemkab Karo terus mendukung dan mendorong pemberdayaan gemar membaca, sehingga lahir inovasi-inovasi kreatif yang bermanfaat dan memudahkan masyarakat,” kata Bupati.

“Capaian ini semoga menjadi semangat bagi kita semua dalam meningkatkan dan mengembangkan pembudayaan gemar membaca bagi masyarakat Karo,” ungkapnya.

Pantauan Jurnalis Karosatuklik.com, seremoni peresmian Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe di Jambur Dekranasda, Komplek Kantor Camat Kabanjahe ditandai dengan pemotongan pita dan room tour Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe.

Minat Baca Masyarakat Indonesia Rendah

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Dwi Endah Purnawanti, M.Si mengatakan, pembudayaan kegemaran membaca masyarakat masih menjadi pekerjaan rumah, dan bukan hanya di Kabupaten Karo saja, tetapi di semua Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Berdasarkan data UNESCO yang menyebutkan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia yang sangat memprihatinkan, hanya 0,001 persen. Artinya dari seribu orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca,” ujar dia.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo, Rehjorena Purba, menyatakan rasa syukur atas peresmian Pojok Baca ini, selain banyak manfaat yang akan di dapat, tentunya kedepan sesuai dengan apa yang menjadi program prioritas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo, untuk membudayakan Literasi agar dalam mencapai suatu kemajuan di butuhkan ilmu pengetahuan yang mumpuni.

“Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, dengan hadirnya Pojok Baca Taman Kota Kabanjahe ini dapat memotivasi dan menambah tingkat literasi di Kabupaten Karo,” harapnya. (R1)

Berita Terkait:

  1. Rekreasi Edukatif Akhir Pekan di Taman Kota Kabanjahe
  2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo Gelar Safari Literasi
  3. Hari Literasi Nasional 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo Gelorakan Budaya Membaca
  4. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Karo Tahun 2022, Ini 6 Desa Pemenang Terbaik
  5. Rehjorena Purba : SDM Unggul, jadikan Perpustakaan Sebagai Lifestyle di Era New Normal

Komentar