Pemkab Karo Dukung Event AQUABIKE World Championship 2023, Tongging Siap Menjadi Tuan Rumah

Karo1349 x Dibaca

Tongging, Karosatuklik.com – Danau Toba di kawasan perairan Tongging, Kecamatan Merek Kabupaten Karo sangat layak dipercaya menjadi tuan rumah Event Aquabike World Championship pada November 2023 mendatang.

Hal tersebut terungkap ketika Bupati Karo, Cory Seriwaty Sebayang bersama Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM. Manuhutu dan Perwakilan KL, BMKG, BPTD, KSOPP Danau Toba melakukan survey dan monitoring homologasi untuk persiapan Event Aquabike World Championship, di Tongging Kecamatan Merek, Rabu (05/04/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat potensi yang dapat dijadikan lokasi event Aquabike di Tongging dengan beberapa pembenahan sarana dan prasarana pendukung serta untuk memperkenalkan Danau Toba khususnya Tongging yang berada di Kabupaten Karo dan memberi dampak positif terhadap perekonomian lokal.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kab. Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, Kepala Bappedalitbang, Ir. Nasib Sianturi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM, Ir. Adison Sebayang, M.MA, Kepala Dinas Perhubungan, Frolin Peranginangin, SH, M.Si, Camat Merek, Bartholomeus Barus, IP dan beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab. Karo.

Dalam pernyataannya, Deputi Odo RM. Manuhutu menyampaikan bahwa event Aquabike World Championship direncanakan digelar di Danau Toba pada minggu pertama November 2023.

“Kita upayakan event ini akan berlangsung sesuai rencana, karena sesuai arahan dari Bapak Menteri Kemenko Marves, bahwa tahun ini harus ada lagi even Internasional di Danau Toba. Namun tempatnya belum dipastikan, masih survei dimana lokasinya cocok,” sebut dia.

Sementara Bupati Cory Seriwaty Sebayang didampingi Sekretaris Daerah Kab. Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, Kepala Bappedalitbang, Ir. Nasib Sianturi, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Karo sangat mendukung pelaksanaan even kejuaraan dunia ini.

“Kabupaten Karo sebagai pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, dan dekat dengan Ibukota Provinsi Sumatera Utara di Medan, sangat layak dan ideal dijadikan tuan rumah Event Aquabike World Championship yang diencanakan digelar pada November 2023 mendatang,” ujar Bupati.

“Tentunya, akan semakin mengenalkan Danau Toba ke seluruh dunia khususnya Kabupaten Karo dan memberi efek positif terhadap perekonomian lokal,” imbuhnya.

“Udara yang sejuk dengan panorama alam yang indah, beragam objek wisata yang menarik dan berkelas, Kabupaten Karo akan siap bila ditunjuk dan dipercaya sebagai tuan rumah,” kata Cory Sebayang.

Seperti diketahui, sebelumnya juga Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves Odo RM. Manuhutu dan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST bersama Perwakilan KL : BMKG, BPTD, KSOPP Danau Toba juga melakukan survey dan monitoring homologasi untuk persiapan Event AQUABIKE World Championship di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Selasa (4/4/2023). (R1)

Komentar