Perkuat Kapasitas Petugas Posyandu, Pj Ketua TP PKK Sumut Harap Berdampak Signifikan Pada Penurunan Stunting

Sumut1900 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus memperkuat kapasitas petugas Posyandu lewat pelatihan. Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin berharap, kegiatan ini berdampak langsung pada penurunan angka stunting.

Penguatan kapasitas petugas Posyandu yang dilakukan Pemprov Sumut, dalam rangka Integrasi Layanan Primer (ILP). ILP sendiri bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan kesehatan primer.

“Ada tiga hal fokus ILP yaitu integrasi pelayanan, perluasan wilayah, serta memperkuat pemantauan wilayah. Bila ini dilakukan dengan benar dan secara menyeluruh akan sangat berdampak pada penurunan stunting,” kata Dessy Hassanudin, pada acara Peningkatan Kapasitas Petugas Posyandu dalam Rangka ILP di Hotel Grand Antares, Jalan Sisingamangaraja Nomor 328 Medan, Rabu (22/5/2024).

Dessy Hassanudin berharap, para peserta benar-benar mengikuti pelatihan ini sehingga mendapatkan ilmu baru. Kemudian ilmu tersebut bisa diterapkan langsung di tengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, menurut Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov Sumut, Hamid Rizal, kegiatan ini dilakukan selama tiga hari, yang diikuti seluruh petugas Posyandu Sumut. Diharapkan, peserta bisa menjadi pelopor peduli kesehatan di lingkungannya masing-masing.

“Diharapkan petugas Posyandu yang mengikuti kegiatan ini menjadi pelopor di lingkungannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada kesehatan, terutama pada kesehatan anak-anak kita karena kita saat ini sedang memperkuat penurunan angka stunting,” kata Hamid Rizal.
Hadir pada kegiatan ini pimpinan bidang kesehatan TNI/Polri, pengurus TP PKK Sumut dan TP PKK Kabupaten/Kota. Hadir juga tokoh-tokoh masyarakat dan Ormas peduli kesehatan masyarakat, serta tokoh-tokoh pemuda. (R1)

Komentar