Rapat Persiapan Penjaminan dan Dukungan Fasilitas Project Development Facility Proyek KPBU SPAM Karo

Karo681 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang lakukan Rapat Persiapan Penjaminan dan Dukungan Fasilitas Project Development Facility (PDF) Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karo yang digelar di Hotel Adimulia, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (14/12/2022).

Bupati bersama Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Keuangan, Brahmantio, Direktur Utama PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Nandang Prihantoro, Anggota DPRD Kabupaten Karo, Firman Firdaus Sitepum SH dan Plt Direktur PDAM Tirta Malem Jusuf Sukatendel serta Kepala Perangkat Daerah terkait mengadakan rapat persiapan penjaminan untuk memperdalam aspek-aspek utama KPBU dan sinkronisasi antara proses penjamin dan dukungan fasilitas PDF Proyek KPBU SPAM Karo.

Dalam rapat tersebut, Bupati Cory S Sebayang menjelaskan, permasalahan terkait penyediaan air minum di Kabupaten Karo secara umum adalah karena belum memenuhi prinsip 4K yakni kuantitas yang belum cukup, kualitas yang belum memenuhi standar, kontinuitas yang belum 24 jam dan keberlanjutan sumber air yang masih perlu menjadi perhatian.

Bupati juga menambahkan terkait pencapaian target peningkatan akses air minum, Pemerintah Kabupaten mengalokasikan anggaran seoptimal mungkin baik dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Karo setiap tahunnya untuk pembangunan maupun perawatan infrastruktur air minum.

“Namun karena tingginya kebutuhan pendanaan untuk penyediaan air tersebut, maka hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mendapat akses air minum,” sebutnya.

Pembiayaan alternatif untuk infrastruktur air minum yang akan dikejar oleh Pemerintah Kabupaten Karo, salah satunya melalui skema KPBU.

“Pada saat ini Pemerintah Kabupaten Karo telah mengikuti tahapan proses KPBU tersebut untuk pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) dengan mengusulkan SPAM yang dikelola oleh PDAM Tirta Malem,” ucap bupati.

Bupati Cory S Sebayang berharap, pembangunan SPAM Kabupaten Karo melalui skema KPBU tersebut dapat terwujud secepatnya, sehingga harapan masyarakat Karo akan tersedianya air yang layak dapat segera terpenuhi dan terealisasi. (Redaksi1)

Baca juga ini yuk:

  1. Survei Sosial Ekonomi Nasional 2022: Penyediaan Air Minum yang Layak di Kabupaten Karo Baru Mencapai 68,7 Persen, Ini Penjelasan Bupati
  2. Pemkab Karo Terima Pengelolaan Air Minum dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut
  3. Bertambah 1.100 Liter/Detik, Pembangunan SPAM Mebidang Dengan Nilai Proyek Rp700 Milyar Segera Dimulai
  4. Rapat Dengan Tim Kemendagri, Theopilus Ginting: Jalan Alternatif Medan – Berastagi Semakin Urgen
  5. Begitu Sulitkah Pengadaan Kecukupan Air Bersih di Kota Kabanjahe?