Rapat Dengan Tim Kemendagri, Theopilus Ginting: Jalan Alternatif Medan – Berastagi Semakin Urgen

Karo1449 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory S Sebayang melalui Wakil Bupati Theopilus Ginting hadiri rapat dengan Staf Khusus Bidang Politik dan Media Menteri Dalam Negeri Kastorius Sinaga mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Rabu (5/1/2022).

Selain Staf Khusus Bidang Politik dan Media Kementerian Dalam Negeri, Bapak Kastorius Sinaga, juga turut hadir Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah Satu (SUPD 1), Edison Siagian.

Selanjutnya dari Pemkab Karo juga turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Kepala Bapedda Ir. Nasib Sianturi, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Drs Jhonsosn Tarigan dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Karo. Pertemuan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe.

Pada pertemuan itu berbagai issu dan agenda penting turut dibicarakan, diantaranya pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertanian di Kabupaten Karo, progres tindaklanjut peralihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ke Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan persiapan Kabupaten Karo dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2022.

Rapat Dengan Tim Kemendagri, Theopilus Ginting: Jalan Alternatif Medan – Berastagi Semakin Urgen

Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Karo sangat membutuhkan dukungan dan bantuan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat melalui kolaborasi penyediaan infrastruktur untuk mendukung pariwisata dan pertanian Kabupaten Karo.

“Sebagaimana diketahui ke dua sektor itu adalah andalan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Karo, namun terbentur keterbatasan akibat APBD dalam pembangunan infrastruktur berbasis pertanian dan pariwisata belum maksinal,” sebut Theopilus Ginting.

SPAM

Disampaikan juga bahwa dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi untuk Kabupaten Karo sebenarnya sudah banyak, pada tahun 2020 kementerian PUPR melaksanakan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Merek untuk mendukung Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba dan optimalisasi SPAM Kabanjahe dan mulai tahun 2015 mengenai penanganan erupsi Sinabung.

Kemudian di tahun 2022 ini rencana Kementerian PUPR melaksanakan pembangunan SPAM Tigabinanga dan SPAM Kutabuluh.

Pelebaran Jalan Nasional di Kabupaten Karo

Berikutnya, lanjutan pelebaran Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe – Berastagi dan pelebaran jalan Tigapanah – Merek juga rencananya akan dilaksanakan tahun ini juga, ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga akan melaksanakan pembangunan Sport Center di Siosar dan penataan wisata kuliner di Berastagi.

Jalan alternatif Medan-Berastagi

Meskipun usulan pemerintah Kabupaten Karo beberapa sudah dilaksanakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, ada beberapa usulan Pemerintah Kabupaten Karo yang sangat mendesak antara lain, pembangunan jalan ke wilayah Liang Melas Datas, pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi yang sering disebut dengan Berastagi Bypass. Hal ini dianggap sangat vital dan urgen, mengingat seringnya kemacetan akibat berbagai faktor di Jalan Nasional Medan – Kabupaten Karo, ucapnya.

Perlu kami sampaikan, kemacetan parah yang kerap terjadi di Jalan Medan – Kabupaten Karo sudah menimbulkan dampak buruk di sektor ekonomi, perdagangan, pariwisata, pertanian hingga sektor sosial dan lainnya. Bahkan sudah menimbulkan rasa trauma bagi masyarakat yang melintas, kata Wakil Bupati.

Selanjutnya, imbuh Theopilus Ginting, peningkatan jalan simpang Situnggaling Tongging, penanganan bencana Sinabung melalui hibah Rehabilitasi Rekonstruksi (RR) sesuai redaksi dan pembangunan sarana prasarana pendukung pariwisata.

Problem solving
Sementara Kastorius Sinaga selaku Staf Khusus Bidang Politik dan Media Kementerian Dalam Negeri menyampaikan bahwa untuk memetakan masalah yang ada di daerah perlu sinkronisasi pusat dan daerah yang berprioritasi pada problem solving yang artinya menyelesaikan segala masalah dan mengambil keputusan serta tujuan pembangunan itu sendiri.

Ia berharap kedepannya, Pemerintah Provinsi dan Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Karo perlu meningkatkan komunikasi dan koordinasi serta mempererat hubungan bersama-sama dengan baik dalam komunikasi maupun dalam perencanaan seluruh proses pembangunan, anggaran dan evaluasi agar cepat tanggap terhadap masalah-masalah yang muncul di masyarakat.

Rapat dengan tim Kementerian Dalam Negeri ke Kabupaten Karo dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat dengan menjaga jarak, memakai masker, mengukur suhu dan memakai hand sanitizer. (R1)