Rekomendasi Motor Custom Bekas

Otomotif1597 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Motor custom memiliki arti sebagai suatu rancangan yang ada pada sepeda motor yang memiliki standar pabrik yang dilakukan perubahan untuk menyesuaikan imajinasi dan juga suatu karakteristik pemilik kendaraan motor. Maka dari itu, bisa dibilang bahwa motor custom diciptakan dengan memakai desain kerangkanya milik pribadi.

Kendati demikian, banyak yang masih beranggapan bahwa motor custom memiliki kesamaan dengan modifikasi motor. Padahal sebenarnya keduanya memiliki arti yang berbeda. Memang bisa dikatakan kalau motor custom dengan modifikasi motor memiliki maksud yang sama, yakni melakukan proses ubah motor yang dari standar desain dari pabrik.

Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kedua hal itu justru sangatlah berbeda. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai perbedaan antara motor custom dengan modifikasi motor supaya Anda bisa lebih jelas memahaminya dan tidak salah kembali.

Perbedaan Antara Motor Custom dengan Modifikasi Motor

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui mengenai perbedaan motor custom dengan modifikasi motor, yang pada umumnya orang sering salah mengartikan mengenai motor custom dengan modifikasi motor yang dikira sama, padahal artinya pun berbeda satu sama lain. Penasaran, simak yuk!

Motor Custom

Dalam pembahasan perbedaanya berada pada pengubahan yang lebih rinci dan bahkan meluas. Motor custom bisa dibilang tidak hanya sekedar mengubah bentuk desain asli dari pabriknya saja tetapi, motor custom diartikan dengan membuat motor Anda sendiri yang mulai dari 0 (nol). Sederhananya bisa dibilang, apabila Anda melakukan motor custom, artinya Anda sedang berusaha mengubah bentuk dari desain pabrik motor menjadi sebuah motor yang berubah menjadi bentuk yang baru atau berbeda.

Bahkan, melakukan motor custom sama dengan mengganti beberapa bagian motor Anda sampai keseluruhan atau perubahan total. Maka dengan ini, artinya tidak menggunakan komponen asli yang merupakan bawaan standar dari pabrik.

Dengan dilakukannya motor custom, Anda benar-benar menciptakan kerangka dan memakai part pribadi. Sebab, awal mula proses dilakukannya motor custom tersebut dimulai dari proses pembuatan suatu desain, kemudian membuat kerangka, bahkan sampai aksesoris apa yang akan digunakan pun sudah terencana.

Maka dari itu, bentuk yang ada pada motor custom akan susah untuk ditiru oleh orang lain. Nilai yang ada pada motor custom cukup tinggi, sebab hanya satu orang itu saja yang memiliki satu desain tersebut. Prosesnya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar tentu saja menambah nilai di dalamnya.

Tentu saja motor custom akan menggunakan dana yang cukup besar. hal itu disebabkan oleh pemilik motor yang memilih untuk menggunakan para spesialis bubut, tangki dan beberapa hal lainnya yang bersangkutan.

Sebagai contoh untuk beberapa hasil dari motor custom adalah motor sport naked yang pada umumnya telah dilakukan perubahan jadi chopper, scrambler dan ada juga yang namanya cafe racer.

Modifikasi Motor

Perlu Anda perhatikan bahwa modifikasi motor memiliki perbedaan dengan motor custom. Proses dilakukannya modifikasi yakni dengan cara mengubah komponen pada motor yang merupakan asli standar desain dari pabrik dengan cara mengganti komponen dengan barang jadi atau aftermarket yang akan menjadikannya lebih menyerupai dengan motor jenis lain.

Modifikasi motor tentu saja tidak dilakukan secara menyeluruh, hanya di beberapa bagian saja. Sederhananya, Anda memiliki komponen yang sudah jelek seperti kaca spion, velg yang sudah tidak bagus lagi maka, Anda melakukan modifikasi komponen-komponen motor tersebut dengan menggunakan komponen motor dari jenis motor lain atau beda merk atau tinggal menggantinya dengan komponen yang sama atau komponen yang sudah ada (tinggal pasang).

Bisa dikatakan bahwa dengan adanya modifikasi motor tentu saja akan ada kemungkinan orang lain pun bisa menirunya. Jadi, Anda bukanlah satu-satunya yang memiliki desain hasil modifikasi tersebut.

Sebenarnya bisa dibilang bahwa adanya motor custom dan modifikasi tergantung dari niatnya. Pada umumnya, motor custom dilakukan hanya semata-mata untuk menciptakan suatu karya yang memang mulai dari 0. Namun, untuk modifikasi motor bisa dibilang pada umumnya hanya untuk gaya dan untuk memenuhi rasa puas dengan cara menggantikan beberapa spare part atau komponen pada motor.

Daftar Harga Motor Custom Bekas Terbaik

Setelah mengetahui bagaimana dan apa saja poin penting dalam perbedaan antara motor custom dengan modifikasi motor, perlu Anda ketahui juga bahwa motor custom pun juga mempunyai beberapa tipe yang ada di Indonesia.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa ulasan mengenai daftar harga motor custom bekas terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Khususnya bagi Anda yang memang membutuhkannya, mari mencari tahu bersama-sama!

1. Cafe Racer

Bagi Anda yang memang sudah lama berenang di dalam bidang otomotif, tidak akan asing dengan yang namanya jenis atau tipe motor custom yang satu ini. Pada tipe tersebut, memiliki desain dengan konsep yang menyerupai motor balap yang ada pada era terdahulu.

Deskripsinya adalah tipe Cafe Racer memiliki jok hanya muat untuk satu orang saja. Selain itu, desain tersebut juga dilengkapi dengan adanya dimensi ban yang cukup besar. Kendati demikian, motor custom tipe ini dinilai tidak terlalu membuat yang mengendarainya merasa nyaman, terutama untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Untuk harga bekasnya dengan detail Bajaj Pulsar 2012 KM 20.000 diberi harga Rp 15.500.000 saja.

Kemudian Cafe Racer dengan kriteria Yamaha Byson 2012 KM 5.000, kurang lebih dipatok dengan harga Rp 13.500.000.

Dan yang terakhir terdapat motor custom dengan jenis Cafe Racer yang dari Kawasaki Ninja 250 KM 10.000 diberi dengan nilai seharga Rp 42.000.000.

2. Chopper

Pada tipe Chopper, memiliki deskripsi produk yang khas yakni garpu yang memiliki ukuran yang panjang dan juga memiliki tempat duduk yang cenderung lebih rendah. Selain itu, cukup khas dengan ring area ban depan yang ukurannya besar jika Anda bandingkan dengan ring yang terdapat di area ban di belakang.

Pada harga tipe Chopper bekasnya khusus tipe Honda Mega Pro 2022 KM 15.000, diberikan patokan harga sebesar Rp 22.800.000.

Selanjutnya untuk Chopper dari Honda GL 1991 KM 105.000 dipatok dengan harga sebesar Rp 8 juta saja. Lalu yang terakhir ada Chopper dari Honda CB yang <1986 KM 5.000 hanya diberi patokan harga senilai Rp 12 juta saja.

3. Tracker

Selanjutnya adalah motor custom tipe Tracker. Justru tipe Tracker dibagi menjadi dua jenis yaitu ada dengan nama motor trail enduro, serta ada motor jalanan. Oleh sebab itu, motor dengan tipe tracker tersebut bisa Anda kendarai di dalam 2 medan yang saling berbeda sekaligus.

Harga bekas yang diberikan pada motor custom jenis Tracker dari Honda Tiger 2005 KM 60.000 kurang lebih diberi harga sebesar Rp 11.000.000 yang cukup menarik minat perhatian.

Kemudian yang terakhir ada jenis motor custom Tracker dari Honda Tiger 2000 KM 25.000 yang diberi dengan harga senilai Rp 9.000.000. Dan demikian beberapa daftar harga dan ulasan singkatnya mengenai motor custom bekas dan jenisnya.

Mengendarai atau memiliki motor custom dikenal dengan sesuatu yang akan memiliki kesan seperti seseorang yang gagah, terutama jika Anda memang sangat menginginkannya. Dengan beberapa jenis yang ada di Indonesia, motor custom tetap meninggalkan kesan yang unik dan lain daripada yang lain.

Demikian beberapa perbedaaan antara motor custom dengan modifikasi motor beserta dengan beberapa ulasan singkat mengenai daftar harga motor custom bekas mungkin Anda sedang mencari dan mulai berminat. Mungkin jika ingin lebih sedikit berkarya dan memiliki impian dalam bidang otomotif tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan motor custom.

Mungkin juga apabila Anda salah satu tipe orang yang menyukai gaya dalam bidang otomotif bisa juga coba melakukan modifikasi motor. Kendati demikian, tetaplah berkendara secara hati-hati, meskipun desainnya sudah dilakukan pengubahan tetapi tetap harus menaati aturan lalu lintas yang ada. Untuk informasi seputar otomotif lainnya silahkan kunjungi Otonews51.Semoga bermanfaat. (R1/Suara.com)

Komentar