TVS Apache RTR 310 jadi Motor Termurah Gaya Street Fighter Keren, Simak Ulasannya

Otomotif1228 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – TVS Apache RTR 310 baru rilis secara global pada 6 September 2023 lalu. TVS Indonesia saat ini sedang mempertimbangkan apakah produk ini juga cocok untuk pasar Indonesia.

Gaya TVS Apache RTR 310 sangat keren dan agresif, terutama dengan desain lampu depan yang terlihat sangat sporty dan futuristik.

Yang lebih menarik lagi adalah fitur-fitur elektronik yang sangat lengkap. Sejujurnya, ini adalah salah satu motor sport di bawah 400 cc dengan fitur elektronik yang paling lengkap.

Satu fitur yang patut dicatat dari TVS Apache RTR 310 adalah kemampuannya untuk mencegah wheelie dan mengurangi efek bayangan.

Jadi, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang TVS Apache RTR 310, silakan simak review di bawah ini karena mungkin Anda sangat penasaran apa saja keunggulan dan motor ini.

Desain Gaya Street Fighter

Sekarang, apa saja yang ada di seri RTR 310? Secara umum, yang paling menarik perhatian adalah desainnya yang benar-benar mengusung gaya Street Fighter. Desainnya benar-benar mengusung gaya Street Fighter dengan sangat keren.

Semua sentuhannya benar-benar mencolok, terutama jika kita melihat desain lampu depannya yang sangat rendah, berbeda dengan kebanyakan seri Apache lainnya. Lampu depan ini benar-benar rendah dan memiliki nuansa Eropa yang kental.

Kaca spionnya juga sangat bagus dengan model yang tebal, mengikuti gaya Street Fighter. Sistem elektroniknya sangat luar biasa dan canggih.

Ini memiliki berbagai Mode Riding dengan total lima mode dan terhubung dengan GoPro serta ponsel. Tentu saja, ada tachometer dengan redline di 9.000 RPM. Ada juga layar TFT LCD yang luar biasa.

Motor ini dilengkapi dengan quick shifter yang memungkinkan perpindahan gigi dengan cepat, baik untuk naik maupun turun. Ini merupakan fitur yang sangat bagus.

Selanjutnya, di bagian bawahnya terdapat engine guard untuk melindungi mesin, dan radiator juga dilengkapi dengan guard yang besar. Desainnya memang sangat mengesankan.

Lampu

Selanjutnya, lampu penuh menggunakan teknologi LED, termasuk lampu seinnya yang juga menggunakan LED. Lampu sein ini memiliki pencahayaan yang sangat baik, dan kita dapat melihat tampilannya yang cukup unik.

Ada banyak lampu yang terletak di cluster yang sama, termasuk lampu jauh dan lampu dekat. Selain itu, ada juga Daytime Running Light (DRL) di bagian bawah. Bahkan ketika motor mati, DRL-nya tetap terlihat bagus.

Salah satu varian warna yang digunakan adalah kuning, dan ini tampak sangat bagus. Selain itu, lampu depan ini memiliki tinggi yang benar-benar rendah, mirip dengan Ducati Street Fighter, sehingga benar-benar menciptakan tampilan yang luar biasa. Sekarang, mari kita bicarakan tentang suspensinya.

Daya Pacu

Suspensi motor ini sudah sepenuhnya dapat disesuaikan, baik itu suspensi belakang maupun preloadnya. Anda dapat memeriksa pengaturannya di sini.

Selain itu, di sisi kanan juga terdapat fitur yang sama, sehingga suspenisinya memiliki pengaturan yang serupa di kedua sisi. Kembali ke bagian depan, tampaknya ini adalah tempat plat nomor. Jika diperiksa nanti, bagian bawahnya menggunakan ban dual compound dari Michelin, yang memiliki berbagai varian.

Sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS dan sensor kecepatan yang bagus. Tidak ada yang kurang di sini. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah detail lebih lanjut tentang komponen apa yang digunakan.

Kemudian, jika kita melihat diameter rotor cakram rem depannya, kita dapat melihat bahwa remnya adalah tipe Radial by Brembo. Selanjutnya, kita bisa melihat sensor kecepatannya dan bagian depan fender-nya, yang terlihat sangat menarik.

Suspensi ini, tanpa ragu, sudah sangat serius. Selanjutnya, jika kita melihat bagian atasnya lagi, ini benar-benar mengesankan. Bentuknya luar biasa dan sangat keren.

Ada tulisan “RTR 310” di sini dan stangnya adalah jenis Street Fighter dengan menggunakan handlebar. Selain itu, tipe handlebar ini adalah fatbar yang sedikit lebih gemuk di sini, yang biasanya terlihat. Kami dapat melihatnya di sini, dan itu sangat menarik.

Mesinnya adalah DOHC, dan suspensinya adalah HC. Quick shifter digunakan baik untuk naik maupun turun gigi. Selanjutnya, ada kabel-kabel untuk side switch, yang mematikan mesin ketika turun ke gigi 1. Ini adalah fitur yang sangat bagus.

Bagian belakang motor memiliki sproket, dengan ukuran yang tepat. Reel fender-nya terpisah dan terbuat dari baja, dan ban belakangnya menggunakan Michelin dengan ukuran 150/60-17. Tampilannya sangat rapi dan kokoh, tanpa getaran sama sekali.

Yang menarik, joknya memiliki fitur unik, yaitu climate control, yang memungkinkan joknya dapat didinginkan atau dipanaskan sesuai kebutuhan.

Ini mirip dengan sistem AC yang ada di dalam joknya, yang bisa memanaskan jok saat dingin atau mendinginkannya saat panas. Hal ini cukup menarik dan nyaman terutama bagi penumpang belakang, yang duduk di atas grab bar aluminium.

Lampu belakangnya menggunakan teknologi LED, yang memberikan tampilan yang sangat keren. Belakangnya tidak memiliki rear fender yang mencuat ke bawah karena fender tersebut terhubung dengan bagian belakang motor. Namun, lampu sein dan pencahayaan plat nomor tetap ada, dan desainnya terlihat menarik.

Bagian sisi kanan motor ini memiliki knalpot yang panjang, serupa dengan versi RTR dengan full fairing, dan ini didesain dengan suara yang mengesankan, mirip dengan suara knalpot BMW. Warna dan desainnya sangat menarik.

Suspensi belakangnya menggunakan tipe monoshock, dan di sisi kanan belakang, mesinnya terlihat tegak. Mesin ini memiliki slipper clutch yang membuat perpindahan gigi lebih lancar, dan desainnya sangat bagus.

Suspensinya terlihat bagus, dan swing arm-nya sangat tebal, mungkin terbuat dari aluminium. Bagian bawahnya juga memiliki desain yang kuat, dengan sejenis teralis. Ini adalah desain yang keren.

Mode Berkendara

Ada beberapa mode yang tersedia, seperti Track mode, Supermoto mode, dan mode Urban. Anda dapat menggantinya di sini, dengan berbagai opsi yang tersedia.

Selain itu, kita dapat melihat mode Rain, mode Sport, dan mode Track. Kemudian, ada mode Supermoto dengan opsi mematikan ABS di roda belakang, dan variasi warna yang berbeda. Koneksi antar komponen adalah standar seperti yang dimiliki oleh televisi lainnya.

Handlebar yang digunakan adalah jenis yang umum, dan sistem starternya juga memiliki berbagai fitur. Selanjutnya, kita dapat melihat tombol klakson, yang memiliki lampu sein berwarna merah, dan beberapa opsi lainnya, seperti on-off.

Namun, lampu bahaya sepertinya tidak tersedia. Selanjutnya, tangki bahan bakar memiliki desain yang unik dengan beberapa detail di dalamnya.

Mesinnya memiliki kapasitas 310 cc. Selain itu, kita dapat melihat kerangka (frame) dari motor ini, yang berasal dari frame 310 R, yang artinya mirip dengan yang digunakan oleh BMW untuk sejumlah motor mereka.

Hasil Uji Coba

Seorang reviewer otomotif mencoba untuk menghidupkannya dengan mode Ultra Wide, tetapi sepertinya tidak berhasil. Namun, ketika saya mencobanya dengan mode ini, motor bisa menyala dengan baik. Selain itu, motor ini dapat dilindungi oleh plastik biasa di sisi-sisinya, yang merupakan fitur bagus.

Motor ini memiliki banyak fitur elektronik, termasuk cornering ABS, cornering traction control, cornering control, dan quick shifter. Fitur lainnya termasuk lift control, anti-wheelie, dan slope control. Fiturnya sangat lengkap dan canggih. Motor ini menggunakan kunci elektronik, dan bagian gasnya sudah menggunakan teknologi “ride by wire” sehingga tidak ada lagi kabel gas konvensional.

Perkiraan kami adalah bahwa motor ini menggunakan sistem throttle ride-by-wire seperti yang biasanya digunakan oleh sebagian besar motor modern. Itu adalah perkembangan yang bagus, dan secara keseluruhan, motor ini benar-benar mengesankan.

Detailnya sangat menarik, dengan finishing yang sangat baik di semua bagian kelasnya. Penggunaan kabel untuk sistem pengereman adalah fitur yang bagus, dan ini memberikan tampilan yang sangat keren.

Bagian handlebar dapat diatur untuk pengereman depan, dengan jarak yang bisa disesuaikan untuk tuas rem dan tuas kopling. Secara keseluruhan, detail dari Apache RTR 310 ini sungguh mengesankan.

Motor ini memiliki desain yang sangat garang dan mengingatkan pada gaya Street Fighter, mirip dengan Ducati Street Fighter. Mesinnya sangat kuat meskipun hanya satu silinder, dan sasisnya memiliki tampilan yang keren dan kuat.

Suspensi yang menggunakan suprene amonium juga sangat baik, dan secara keseluruhan motor ini memiliki keseimbangan yang baik dan terlihat sangat keren.

Kami benar-benar kagum dengan bagaimana brand asal India ini berhasil menciptakan motor yang sangat luar biasa. Ini benar-benar mengesankan!

Demikian adalah ulasan fisik pertama kali mengenai TVS Apache RTR 310 yang baru saja dirilis secara global di Bangkok, Thailand. Secara keseluruhan, motor ini memiliki desain yang sangat menarik dan keren. Selain itu, motor ini dilengkapi dengan banyak fitur elektronik yang jarang ditemui pada motor kelas 300 cc dengan satu silinder.

Misalnya, fitur anti-wheelie, anti-topi, serta kemampuan untuk mengatur suhu jok. Fitur konektivitas juga tersedia, bersama dengan cornering ABS dan kontrol untuk cornering lainnya. Motor ini benar-benar lengkap dengan fitur-fitur elektroniknya.

Banyak penasaran untuk mencoba bagaimana rasanya saat dikendarai di jalan. Meskipun mungkin terlihat agak berat, sepertinya motor ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Dengan mesin 310 cc satu silinder, tenaganya pasti luar biasa dan akan memberikan torsinya yang kuat.

Untuk harga, TVS Apache RTR 310 memiliki tiga pilihan varian yang berbeda. Pertama, ada varian Arsenal Black tanpa Quick Shifter, yang dihargai sekitar Rs 2,43 lakh atau setara dengan Rp44,7 juta.

Kemudian, ada varian Arsenal Black dengan Quick Shifter, yang ditawarkan dengan harga sekitar Rs 2,58 lakh atau Rp47,5 juta. Dan yang terakhir, varian tertinggi adalah Fury Yellow, yang memiliki harga sekitar Rs 2,64 lakh atau Rp48,6 juta. Motor ini menjadi pilihan yag cukup murah bagi mereka yang ingin tampil stylish di jalan dengan anggaran di bawah Rp50 juta. (Radar Jabar)

Komentar