oleh

Air Terjun Lau Nderong, Eksotis dan Layak Dikunjungi

-Travel-321 x Dibaca

Kabanjahe, karosatuklik.com – Demi mengeksplor air terjun eksotis yang selama ini luput dari sorotan kamera media, tim adventure karosatuklik.com menuju lokasi dengan medan yang ekstrem dan menguji adrenalin. Lokasi wisata yang belum banyak diketahui itu, tepatnya di Desa Rih Tengah, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo.

Perjalanan di start pukul 10.00 WIB, Rabu (27/08/2020) dari kota Kabanjahe. Rute yang kami lalui yaitu rute Kabanjahe – Perbesi – Limang – Negri Jahe – Ujung Deleng – Rih Tengah, sebenarnya untuk menuju desa Rih Tengah, ada satu lagi via Kabanjahe – Tiganderket – Kutabuluh – Lau Buluh – Kutamale – Mburidi – Rih Tengah, nah ini ni rute untuk yang cukup menantang.

Ketika kita mulai memasuki area desa terpencil, Rih Tengah, hamparan pemandangan perbukitan yang mempesona, eksotis nan indah langsung menyegarkan mata kita. Sepanjang perjalanan banyak spot foto yang bisa di ekplore. Udara sejuk sepoi-sepoi disepanjang perjalanan alami nuansa desa menghilangkan rasa jenuh selama perjalanan 3 jam.

Untuk tracking menuju air terjun Lau Nderong dan air terjun Lau Biang kita harus menyusuri aliran sungai tapi harus ekstra hati-hati karena bebatuan di dasar sungai tajam-tajam serasa terapi kesehatan alami kalau kita ditempat ini.

Sekitar 15 menit menyusuri sungai, akhirnya kita disambut percikan dan suara bergemuruh Air Terjun Lau Nderong. Memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan debit air yang deras dan airnya yang super bening menciptakan suasana kesegaran yang hakiki.

Uniknya lagi, tidak jauh dari sini, ada dua lagi air terjun yang layak dikunjungi, yakni, air terjun Lau Biang dan air terjun Belingking.

Namun sayangnya, selama ini terkesan belum terjamah pembangunan, masih minim fasilitas yang memadai. Padahal lokasi wisata yang luput dari perhatian itu, memiliki potensi luar biasa jika dikelola oleh BUMDES.

Jika selama ini kita hanya mengetahui destinasi Air Terjun Spiso Piso, belakangan Sampuren Sikulikap dibawah penatapen Jagung Bakar batas Kabupaten Karo – Deliserdang, tepatnya di pingggir badan Jalan Medan – Berastagi, ternyata masih banyak destinasi alami yang layak dikunjungi.

Panorama indah nan eksotis di lokasi yang begitu jauh dari kota Kabanjahe, tim adventure karosatuklik.com akan menyusuri dan mengekspsenya nanti supaya bisa bisa menjadi perhatian stakeholder, pelaku wisata dan pemerintah. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Berita Terbaru