Analisis Piala Eropa 2024: Tim Unggulan Juara, Kuda Hitam, dan Calon Pemain Bintang

Catatan Redaksi, Sport3779 x Dibaca

Jerman, Karosatuklik.com – Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 akan segera dibuka nanti malam dengan pertandingan antara tuan rumah Jerman dan Skotlandia di Muenchen Football Arena (Stadion Allianz Arena), Sabtu (15/6/2024) pukul 02.00 WIB. Upacara pembukaan akan diwarnai penghargaan terhadap legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer.

Sebanyak 24 tim akan bertarung memperebutkan supremasi sepak bola di “Benua Biru”. Namun, hanya segelintir negara yang benar-benar memiliki peluang besar untuk menjadi juara. Sisanya, bisa dilihat sebagai penggembira saja. Siapa yang bakal jadi juara?

Mampukah Italia Mempertahankan Gelar?

Meskipun berstatus juara bertahan, Italia tidak diunggulkan untuk bisa bersaing sebagai juara Grup B bersama Spanyol dan Kroasia pada Piala Eropa 2024.

“Gli Azzurri” memiliki kekuatan tersembunyi yang tidak hanya akan membawa mereka bisa lolos dari babak penyisihan, tetapi juga menjadi kuda hitam di fase gugur.

Dibandingkan tiga tahun lalu, skuad Italia yang menuju Jerman sangat asing bagi mayoritas pencinta sepak bola di dunia, juga Eropa. Hanya Gianluigi Donnarumma, Jorginho, dan Federico Chiesa yang tersisa dari tim juara Piala Eropa 2020.

Gianluigi Buffon, kepala delegasi timnas Italia di Piala Eropa 2024, mengakui bahwa Italia adalah tim yang diremehkan. Mereka punya sejarah mengejutkan saat tengah bermasalah atau diremehkan.

Jerman: Mengembalikan Reputasi sebagai Spesialis Turnamen?

Jerman berpeluang besar mengembalikan kejayaan sebagai tim spesialis turnamen karena bakal bermain di kandang sendiri.

Setelah menjadi raja dunia pada 2014, prestasi Jerman relatif tenggelam dengan tersingkir di fase grup pada dua Piala Dunia berturut-turut dan terlempar pada babak 16 besar Piala Eropa terakhir.

Ambisi Jerman untuk meraih kembali memori manis masa silam menemui jalan bercabang. Bermain di rumah sendiri akan memberikan motivasi lebih kepada para pemain, tetapi tekanan yang datang kepada tim besutan Pelatih Julian Nagelsmann akan lebih kencang dari biasanya.

Apakah Inggris Akan Kembali Menangis?

Dalam setiap turnamen utama, Inggris selalu menjadi tim yang diunggulkan karena memiliki materi pemain bintang.

Namun, nasib tim Inggris sering kali berakhir tragis. Meskipun diprediksi memiliki peluang besar untuk mencapai perempat final, semifinal, dan final, Inggris juga dikenal sebagai tim yang sering gagal memenuhi ekspektasi.

Dalam laga uji coba terakhir, Inggris kalah 0-1 dari Islandia di Stadion Wembley, menunjukkan bahwa mereka masih memiliki pekerjaan rumah yang besar sebelum Piala Eropa dimulai.

Prancis: Calon Kuat Juara?

Hegemoni tim nasional Perancis dalam turnamen sepak bola tidak perlu diragukan. Di Grup D Piala Eropa 2024, pesaing terdekat “Les Blues” mungkin hanya Belanda.

Namun, masih terlalu cepat untuk menyebut mereka sebagai calon juara mengingat beberapa masalah cedera dan kebugaran pemain kunci seperti Dayot Upamecano dan Aurelien Tchouameni.

Siapa Kuda Hitam yang Bakal Tampil Mengejutkan?

Portugal diperkirakan akan mulus lolos dari persaingan Grup F tanpa hambatan berarti. Tiga tim kuda hitam, yaitu Turki, Ceko, dan Georgia, bukan lawan sepadan bagi “A Selecao”.

Belgia juga pantas menjadi kuda hitam dengan generasi baru yang mencoba mengakhiri penantian mereka untuk meraih gelar mayor.

Pemain Bintang yang Bakal Bersinar

Beberapa pemain bintang seperti Toni Kroos, Cristiano Ronaldo, dan Luka Modric akan menjalani turnamen besar terakhir mereka bersama timnas. Meskipun sudah berusia 39 tahun, Ronaldo tetap menjadi andalan Portugal di Piala Eropa 2024. Toni Kroos, yang awalnya pensiun dari timnas, kembali dipanggil untuk memperkuat Jerman dan menutup kariernya dengan tinta emas.

Duo andalan lini tengah juga dimiliki Inggris yang masuk daftar unggulan juara di turnamen kali ini. Tim asuhan Gareth Southgate punya Phil Foden dan Jude Bellingham. Selain itu Dua pemain yang paling mencuri perhatian adalah gelandang Bayern Munchen, Jamal Musiala dan Florian Wirtz (Bayer Leverkusen). Keduanya sama-sama baru berusia 21 tahun tetapi sudah jadi andalan di klub masing-masing.

Luka Modric juga akan mengakhiri pengabdiannya untuk Kroasia di turnamen ini dengan ambisi besar untuk berprestasi.

Piala Eropa 2024 menjanjikan persaingan yang ketat dan menarik. Dengan berbagai tim unggulan dan kuda hitam yang siap memberikan kejutan, turnamen ini akan menjadi ajang yang dinanti-nantikan oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia. (Inilah.com)

Komentar