Bupati Eddy Berutu Motivasi Pelajar Dairi di Webinar Yadas

Dairi, Sumut1537 x Dibaca

Sidikalang, Karosatuklik.com – Setelah sukses di Kecamatan Tigalingga, Silima Pungga Pungga dan Siempat Nempu Hilir, Yayasan Dairi Saroha (Yadas) kembali melanjutkan Webinar Motivasi kepada pelajar kelas XII di Kecamatan Sidikalang, Sabtu (26/3/2022).

Di Kecamatan Sidikalang, Yadas melakukan webinar secara virtual di 3 sekolah, yakni SMA Negeri 1 Sidikalang, SMA Negeri 2 Sidikalang dan SMK Negeri 1 Sidikalang.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang turut hadir dalam webinar tersebut mengatakan Yadas terus bekerja menghimpun kekuatan untuk membuka peluang yang seluas-luasnya untuk bisa meraup masa depan yang cerah.

Hal itu Ia sampaikan disambut dengan baik untuk menghasilkan pemimpin yang unggul di masa yang akan datang.

“Saya sangat bangga terhadap adik-adik semua yang ikut webinar ini, saya harap seluruhnya berpartisipasi dan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Tidak ada yang bersaing, namun persaingan itu yang membuat kita besar,” jelas Eddy Berutu.

Bupati Eddy menerangkan kolaborasi dan sinergi diperlukan untuk menyelesaikan krisis yang di hadapi bangsa saat ini. Krisis itu salah satunya adalah pandemi covid-19 yang secara perlahan sudah bisa diatasi oleh bangsa Indonesia.

Eddy berutu sampaikan, Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh Kepala Daerah di Bali, menekankan agar setiap daerah memakai produk-produk lokal buatan dalam negeri.

“Untuk Dairi kita akan bekerja dengan sekeras-kerasnya agar setiap produk UMKM yang dihasilkan dimasukkan ke dalam e-katalog sesuai dengan arahan dari Presiden,” ujarnya.

Sekretaris Umum Yadas Palti Sitorus mengatakan Yadas adalah organisasi sosial yang memiliki program kerja diantaranya beasiswa dan pendidikan karakter.

Setelah sukses di Kecamatan Tigalingga, Silima Pungga Pungga dan Siempat Nempu Hilir, Yayasan Dairi Saroha (Yadas) kembali melanjutkan Webinar Motivasi kepada pelajar kelas XII di Kecamatan Sidikalang, Sabtu (26/3/2022).

Menurutnya, Yadas sangat berharap akan lahir generasi penerus yang akan memimpin bangsa Indonesia khususnya dari Dairi.

“Sumber dana Yadas berasal dari gerakan seratus ribu sebulan serta dari para donatur. Semoga acara ini dapat meningkatkan keinginan untuk belajar para pelajar yang ada di Dairi sehingga dapat meraih cita-cita yang diimpikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Sidikalang Ana Lowisa Sianturi menyampaikan sebanyak 400 orang siswanya ikut dalam webinar yang diadakan oleh Yadas. Motivasi ini Ia yakini akan memberikan dampak yang lebih luar biasa kepada seluruh pelajar.

“Kami percaya akan lahir pemimpin yang luar biasa dari Dairi melalui webinar yang luar biasa ini yang diadakan oleh Yadas,” ujarnya.

Senada dengan Kepala SMA Negeri 1 Sidikalang, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sidikalang Parlen Sihaloho menyambut dengan baik kegiatan webinar yang diadakan oleh Yadas. Ia berharap untuk mendukung program pendidikan berkelanjutan di Dairi, agar berdiri sebuah universitas di Dairi.

Sedangkan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sidikalang Paulus Saing Pandiangan yang hadir dalam webinar tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan webinar yang diadakan oleh Yadas.

Ia berharap, Yadas juga dapat memberikan dukungan lainnya untuk memajukan pendidikan di Dairi.

Salah satu narasumber dalam webinar tersebut, yakni Ketua Umum Yadas Togam Gultom, dalam materinya mengatakan seluruh pengurus maupun anggota yang ada di Yadas adalah orang orang yang memiliki niat untuk berhasil.

Togam juga berbagi pengalaman bagaimana cara meraih kesuksesan lewat pendidikan yang ditempuhnya hingga ke perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Jangan takut kuliah dan memikirkan biaya kuliah. Yang perlu adik-adik pikirkan adalah bagaimana cara agar bisa masuk ke perguruan tinggi. Tekadkan dalam pikiranmu saat ini bahwa adik-adik harus kuliah,” pesannya.

Turut hadir juga untuk memantau kegiatan webinar Sekretaris Yadas Cabang Dairi Iswan Togatorop bersama dengan tim Yadas Dairi diantaranya Jhon Manurung, Dosma Sianipar, Joni Nainggolan, Basar Marbun, Martupa Togatorop dan Fernando Togatorop. (R1)