Bupati Karo Tekankan Pentingnya Sinergi Perencanaan Pembangunan dengan Provinsi dan Nasional

Karo2029 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menekankan pentingnya sinergi perencanaan pembangunan antara daerah dengan provinsi dan nasional.

“Kepala seluruh perangkat daerah jajaran Pemkab Karo, agar pro aktif berkoordinasi dengan kementerian dan pemerintah provinsi. Prioritas pembangunan hendaknya bersinergi dengan pembangunan provinsi dan pusat,” ujarnya.

Penekanan tersebut disampaikan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menjawab Jurnalis Karosatuklik.com, Sabtu (22/6/2024) di Kabanjahe, terkait rivew sejumlah program pembangunan berkelanjutan Pemkab Karo.

Selain itu, bupati perempuan pertama di Kabupaten Karo ini juga berpesan agar program yang diusulkan, selain prioritas juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Aspirasi masyarakat sebagai arus utama pemikiran perencanaan dapat dipaduserasikan dengan aspirasi hasil musrenbang desa, kecamatan hingga reses DPRD,” ujarnya.

Kemudian, Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Karo ini juga berpesan, agar diperhatikan usulan program yang berhubungan dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam dan non alam.

“Seperti kesiapsiagaan menghadapi karhutla serta intervensi penanganan stunting,” ujarnya.

Bupati menekankan pentingnya bagaimana intervensi program menyasar langsung keluarga berisiko stunting, mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca bersalin, dan anak di bawah lima tahun.

Kegiatan skrining keluarga ini katanya, dilakukan untuk mendapatkan data sasaran berisiko, dilanjutkan dengan intervensi baik spesifik maupun sensitif, karena pendekatan ini relatif baru maka di butuhkan penguatan manajemen intervensi kepada pelaksana serta monitoring program kepada TPPS.

Lebih lanjut dikatakan, pengukuran dan publikasi angka stunting adalah upaya untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan puskesmas, sehingga hasil pengukuran tinggi badan anak di bawah lima tahun serta publikasi angka stunting digunakan untuk memperkuat komitmen Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam gerakan bersama penurunan stunting.

Selain itu, politisi dari partai Gerindra itu juga mengingatkan, agar program yang diusulkan hendaknya memperhatikan pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Karo.

“Karena pokok pikiran anggota DPRD pada prinsipnya bertujuan untuk kepentingan masyarakat banyak,” ungkapnya. (R1)

Komentar