BYD Resmi Luncurkan SUV Sea Lion 07, Tambahan untuk Seri Ocean

Otomotif1670 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Pabrikan otomotif asal China BYD resmi menghadirkan kendaraan elektrik terbaru mereka melalui SUV Sea Lion 07 yang menggunakan platform elektronik baru 3.0 Evo dan merupakan tambahan terbaru pada seri BYD Ocean.

CarnewsChina, Jumat (10/5/2024), melaporkan bahwa BYD Sea Lion 07 mengambil inspirasi dari mobil konsep Ocean-X, yang meneruskan bahasa desain BYD Seal.

Mobil yang sudah banyak ditunggu oleh penggemarnya itu memiliki bagian luar yang terlihat halus dan bergaya, dengan lampu depannya mirip BYD Seal.

Kemiripan BYD Sea Lion 07 dengan Seal masih berlanjut hingga ke bagian belakang, kendaraan itu juga menawarkan pegangan pintu yang dapat dibuka. Meski eksteriornya menyerupai sedan BYD Seal, BYD telah mengintegrasikan Sea Lion 07 dengan banyak inovasi.

Menggunakan E-Platform 3.0 Evo, BYD Sea Lion 07i mengalami peningkatan integrasi powertrain dan kemampuan pengisian daya yang juga sudah ditingkatkan.

Dengan teknologi integrasi CTB (baterai sel-ke-tubuh) yang sudah ditingkatkan, BYD mengeklaim bahwa akan meningkatkan keselamatan dari tabrakan depan sebesar 60 persen, ketahanan terhadap deformasi kabin penumpang sebesar 50 persen.

Kekuatan bodi BYD Sea Lion 07 juga ditingkatkan menjadi lebih dari 60 persen dibandingkan standar industri, dan intrusi kabin penumpang selama tabrakan kurang dari 5 milimeter, keseluruhan fitur itu meningkatkan keselamatan untuk para penumpangnya.

Sistem e-drive pintar 12-in-1 memiliki motor produksi berkecepatan tertinggi di dunia (23.000 rpm), dengan kecepatan tertingginya mencapai 225 kilometer/jam.

Sistem motor listrik inovatif BYD menggabungkan komponen-komponen penting menjadi satu unit sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan keandalan saat dikendarai.

Mobil baru dari BYD itu hadir dengan tiga powertrain yang dapat dipilih, yaitu, model penggerak dua roda dilengkapi motor listrik dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 230 kW dan 170 kW.

Model penggerak empat roda memiliki dua motor yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 kW dan 230 kW, sementara model motor tunggal menawarkan dua pilihan jangkauan yaitu 550 kilometer dan 610 kilometer serta model motor ganda memiliki jangkauan 550 km.

Torsi maksimum mobil ialah 380 Nm, dengan waktu akselerasi 0-100 masing-masing 7,3 detik dan 6,7 detik dengan kapasitas baterai masing-masing 71,8 kWh dan 80,64 kWh.

BYD Sea Lion 07 dapat mengisi daya 10 – 80 persen dalam 25 menit. Mobil itu dapat sepenuhnya memanfaatkan kapasitas maksimum pengisian cepat DC publik GB15 (standar jaringan pengisian daya Tiongkok) yang ada, sebesar 180kW (750V/250A).

Sea Lion 07 adalah kendaraan BYD pertama yang menampilkan DiPilot 100 “God’s Eye” ADAS yang terintegrasi dengan 12 radar ultrasonik, radar gelombang 5 mm, dan 11 kamera.

Fitur canggih lainnya juga sudah tersemat seperti bantuan pengemudi L2 tingkat lanjut, termasuk bantuan penjaga jalur, kontrol jelajah adaptif, bantuan keberangkatan jalur, pengenalan rambu lalu lintas, dan kontrol kecepatan cerdas.

Kenalkan Konsep Ocean-M, Hatchback Listrik dengan Desain Agresif

BYD pada Kamis (25/4/2024) lalu telah meluncurkan konsep mobil hatchback terbarunya, Ocean-M, di pameran otomotif Beijing Auto Show 2024.

CarNewsChina melaporkan, konsep ini menampilkan mobil produksi baru yang akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini.

Hatchback dengan perawakan sporty ini terlihat sedikit lebih besar dari Dolphin dan kemungkinan besar lebih ditujukan sebagai pesaing VW ID.3. Melihat bentuk dan tampilannya yang hatchback, hampir dapat dipastikan mobil ini dirancang untuk menembus pasar Eropa.

Di bagian depan, mobil konsep ini menampilkan lampu depan yang besar dan bibir bawah yang terbelah secara agresif di sekitar intake udara.

Anehnya untuk sebuah hatchback, garis jendelanya sangat tinggi dan menjulang ke belakang. Meskipun body kit ini hampir pasti tidak akan masuk ke produksi, namun kita masih bisa melihat dengan jelas garis-garis tegas yang akan diwarisi oleh versi produksinya.

Pada bagian belakang di bawah sayap besar itu ada lampu belakang yang menjulur tanpa putus, menunjukkan kesan futuristik.

Kemungkinan besar versi produksi konsep ini akan masuk ke dalam jajaran BYD di antara Dolphin dan Seal sebab menggunakan nama bertema laut lainnya.

Tentu saja pada awalnya mobil ini hanya akan bertenaga listrik, namun versi PHEV akan menyusul kemudian.

Sejauh ini BYD tidak banyak berkomentar tentang mobil ini selain bahwa mobil ini akan menggunakan platform listrik baru, kemungkinan e-platform 4.0 dan bahwa mereka menargetkan mobil ini sebagai mobil listrik pertama di industri yang menggunakan penggerak roda belakang.

Ada kemungkinan bahwa mobil ini mungkin menjadi salah satu yang pertama yang mendapatkan keuntungan dari baterai blade generasi kedua BYD terbaru.

Pejabat BYD telah mengatakan bahwa harga Ocean-M akan berada di kisaran 150 ribu-200 ribu yuan (sekitar Rp335,7 juta – Rp447,6 juta). Perlu dicatat, belum ada informasi apa kah versi produksi akan masuk Indonesia, bila pun masuk, tentu akan ada penyesuaian harga. (R1/Antara)

Komentar