Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio, Bupati Karo Optimis 95 Persen Anak Imunisasi Tercapai

Karo890 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang hadiri Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) Polio sekaligus Aksi Bergizi dengan Gerakan Mediate (Makanan Enak dan Bergizi Kaya Protein Hewani) yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Tigapanah, Senin (13/02/2023).

Imunisasi merupakan suatu upaya untuk menciptakan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu sehingga membantu melindungi tubuh bila suatu saat terpapar penyakit tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa untuk merespon Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus Polio VDPV2 di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh perlu dilakukan Outbreak Response Immunization (ORI) dengan Vaksin Novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) yang diberikan dengan metode tetes kepada sasaran anak usia 0-59 bulan yang disebut dengan Sub Pekan Imunisasi Nasional.

“Berdasarkan rekomendasi dari WHO, ITAGI, OMBRA dan Kementerian Kesehatan RI, Provinsi Sumatera Utara termasuk Kabupaten Karo juga perlu melaksanakan SUB PIN, karena berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh dan memiliki resiko tinggi berdasarkan kajian Risk Assessment,” ungkap bupati.

“Pelaksanaan SUB PIN di Kabupaten Karo akan dilaksanakan sebanyak 2 putaran, menyasar 39,068 anak usia 0-59 bulan yang akan dimulai hari ini 13 Februari 2023 untuk putaran pertama, sebulan setelahnya pada Maret akan dilanjutkan untuk putaran kedua,” sambung Bupati.

Ajak Masyarakat Menyukseskan Pelaksanaan SUB PIN Polio

Bupati Cory Sebayang menghimbau agar semua pihak terkait bersama-sama mendukung menyukseskan pelaksanaan SUB PIN Polio ini agar cakupan pelaksanaan SUB PIN di Kabupaten Karo mencapai 95%.

Masih kata Bupati, imunisasi polio ini memiliki arti sangat penting bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen,” katanya.

Menurutnya jika penyakit kelumpuhan itu tidak segera dihentikan, maka dikhawatirkan penyebaran penyakit tersebut berpotensi meluas dan penyebarannya hanya bisa dicegah dengan cara imunisasi.

Oleh karena itulah, tujuan dicanangkannya Sub PIN Polio ini adalah untuk mencegah dan memberantas virus penyakit polio di Kabupaten Karo. Kegiatan Sub PIN Polio ini mempunyai makna strategis untuk menyiapkan generasi emas Indonesia yang sehat dan kuat.

Senada ditambahkan, Kepala Dinas Kesehatan, drg Irna Safrina Meliala, Mkes, mengingat pentingnya kegiatan ini, maka penting bagi kita untuk mendukung keberhasilan kegiatan ini dan kepada seluruh petugas kesehatan mulai dari RSUD, Puskesmas, Posyandu, Polindes, Pustu, dan pos pelayanan imunisasi lainnya, agar dapat melaksanakan program ini dengan penuh kesungguhan dan kepedulian, harapnya.

Dia mengajak masyarakat terutama yang memiliki balita agar dengan kesadaran tinggi dapat ambil bagian dalam kegiatan Sub PIN Polio ini.

Turut hadir dalam acara ini Ketua TP. PKK Kabupaten Karo, Ny. Vera Rika Theopilus Ginting, Kepala Dinas Kesehatan, drg Irna Safrina Meliala, Mkes, Perwakilan Forkopimda, Kepala UPT. RSU Kusta Lau Simomo, drg. Emmy Suryani Simbolon, para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah serta undangan lainnya. (R1)

Baca juga:

  1. Hadiri Advokasi dan Sosialisasi Sub PIN Polio Sumut, Bupati Cory Sebayang: Ini Tentang Menyelamatkan Masa Depan Anak-anak Kita
  2. Pemkab Karo Tegaskan Tidak Ada yang Dicovidkan, Simak Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Irna Safrina Meliala

Komentar