Empat Tahun Sekali, 29 Februari Ternyata Tanggal Langka

Catatan Redaksi2206 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Ternyata tanggal 29 pada bulan Februari merupakan hari yang langka, seperti di tahun 2024 ini. Dalam Hari Kabisat maupun Tahun Kabisat, tanggal 29 Februari hanya terjadi atau berulang selama empat tahun sekali.

Mengutip dari beberapa sumber terpercaya, tanggal 29 Februari terjadi empat tahun sekali imbas dari pembulatan durasi putaran bumi. Yakni, pembulatan durasi putaran Bumi mengelilingi Matahari.

Perlu diketahui, Tahun Kabisat merupakan tahun yang habis dibagi empat dan habis dibagi 400. Keunikan Tahun Kabisat ini, memiliki satu hari ekstra, yakni pada 29 Februari yang cuma terulang empat tahun sekali.

Mengutip buku yang ditulis Ridwan Abdullah, kalender yang dipakai pada masa sekarang ini adalah kalender Gregorian. Kalender Gregorian tetap memakai sistem Tahun Kabisat, tetapi tiga dari empat tahun.

Setiap permulaan abad, biasanya hanya memiliki 365 hari. Sementara, tahun permulaan abad yang habis dibagi dengan angka 400 adalah Tahun Kabisat.

Kemudian, terjadinya perubahan Kalender Julian menjadi Kalender Gregorian karena adanya selisih. Yakni, antara panjang satu tahun dalam kalender Julian (365,25 hari) dengan panjang rata-rata tahun tropis (tropical year; 365,2422 hari). (KBRN)

Komentar