Festival Bunga dan Buah Digelar 4-6 Juli 2024 di Berastagi: Bupati Karo Minta Panitia Bekerja Profesional, Kemasan Acara Lebih Kreatif dan Produktif

Karo3872 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Festival Bunga dan Buah (Kabupaten Karo Fruit and Flowers) 2024 yang menjadi salah satu dari 100 event di Indonesia dan satu dari 32 event resmi di Sumatera, kembali digelar. Tahun ini, even wisata andalan Pemkab Karo tersebut menjadi salah satu dari empat acara di Sumatera Utara yang masuk kedalam Kalender Karisma Event Nusantara 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Acara yang akan diadakan dari tanggal 4 hingga 6 Juli 2024, di Open Stage Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, menawarkan serangkaian kegiatan yang bakal memukau pengunjung.

Mulai dari Karnaval Mobil Hias, Lomba Fashion Show, membuat landmark, Tari Kreasi, Pawai Kontingen, Merangkai Bunga, Pameran UMKM Kabupaten Karo.

Selain itu juga ada pameran pelaku ekonomi kreatif dan pagelaran seni dan budaya, makan buah gratis, perlombaan yang terdiri dari 6 jenis lomba dan panggung hiburan rakyat (artis nasional dan artis lokal).

Panggung utama Festival Bunga dan Buah akan menampilkan desain yang segar dengan konsep pegunungan yang dipercantik dengan ambience light. Keunikan lainnya adalah penambahan dua pohon jeruk dengan buahnya sebagai bagian dari dekorasi panggung, yang menambah kesegaran dan keaslian suasana.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata, Munarta Ginting, perubahan terbaru untuk tahun 2024 termasuk penyediaan tempat makan buah gratis yang mengikuti desain “Raga” Karo dengan menyediakan 1 ton buah selama tiga hari festival.

Rapat persiapan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Selasa (21/05/2024) dihadiri oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, didampingi oleh perwakilan Forkopimda Kabupaten Karo.

Pada kesempatan itu, Bupati Cory Sriwaty Sebayang, dalam arahan dan bimbingannya, menekankan agar panitia bekerja secara profesional dan kemasan acara harus lebih menarik dan kreatif di banding tahun-tahun sebelumnya.

Dari evaluasi penyelenggaraan even itu dari tahun ke tahun, tentu pastinya ada kekurangan di sana sini. “Nah, ini harus diperbaiki dengan sajian acara yang lebih menarik dan tidak membosankan pengunjung,” sebutnya.

“Bukan hanya menjadi agenda rutin yang menyedot anggaran, tapi efeknya dapat memberi kontribusi positif yang berkelanjutan terhadap peningkatan pariwisata Karo sehingga menjadikan daya tarik bagi masyarakat luas,” kata Bupati.

“Event tahunan icon wisata Kabupaten Karo ini, dipastikan akan dihadiri puluhan ribu pengunjung dari berbagai daerah di Sumatera Utara seperti gelaran tahun-tahun sebelumnya, mengingat Festival Bunga dan Buah Kabupaten Karo Tahun 2024 ini memasuki suasana libur panjang anak sekolah,” ujar Bupati Cory Sebayang.

“Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan potensi pariwisata dan budaya Kabupaten Karo, tetapi juga menjadi momentum untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui promosi produk lokal dan peluang usaha,” ucap Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung dan ikut serta dalam mensukseskan acara ini, dan berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat untuk mempersiapkan secara matang dan detail festival ini, sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

Rapat persiapan tersebut turut dihadiri kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karo, para camat, dan undangan lainnya menandai komitmen dan dukungan kuat terhadap kesuksesan acara ini.

Sekilas Sejarah Festival Bunga dan Buah Kabupaten Karo

 

Festival ini awalnya dibuat sebagai rasa syukur dan terima kasih petani di Tanah Karo ini kepada Tuhan dan leluhur yang telah memberikan tanah agraris dan alam yang subur untuk dijadikan lahan pertanian. Apalagi ungkapan rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan telah mendarah daging di tradisi budaya masyarakat Karo. Sama halnya dengan pesta budaya “Kerja Tahun” yang sudah digelar rutin secara turun temurun hingga saat ini sebagai warisan budaya dari leluhur etnis Karo.

Sebagai ungkapan rasa syukur Masyarakat Karo yang agraris terhadap hasil alam berupa tanaman buah, sayur mayur dan bunga yang tumbuh baik dan subur di daerah ini.

Seperti diketahui, Festival Bunga dan Buah atau Kabupaten Karo Fruit and Flowers 2024, sudah menjadi iconic event yang ditunggu-tunggu masyarakat Karo, khususnya Sumatra Utara.

Festival ini dapat dikatakan sebagai identitas Karo yang dikemas dalam bentuk pameran, seni pertunjukan serta melibatkan banyak takeholders. Pada tahun 2024, Festival Bunga dan Buah akan kembali digelar dengan tema “The Beauty of Karo“. Tema kali ini menunjukkan keindahan Kabupaten Karo melalui karnaval mobil hias di sepanjang jalan arteri Kota Berastagi yang dihiasi beragam bunga dan buah dari Kabupaten Karo. Gelaran event akan didukung beragam acara yang menarik, makan buah gratis sebanyak 1 ton kepada pengunjung. Akan ada banyak stakeholders serta UMKM yang akan membuka tenant selama event berlangsung. (R1)

Baca Juga:

  1. Dihadiri Puluhan Ribu Pengunjung, Bupati Cory: Festival Bunga dan Buah Berastagi 2023 Penggerak Ekonomi Kreatif dan Kebangkitan Pariwisata Kabupaten Karo
  2. Pemkab Karo Launching Calendar Of Event 2024
  3. Tutup Festival Bunga dan Buah 2023, Bupati Cory Sebayang: Pengunjung 65.000, Okupansi Hotel 109 Persen dan Perputaran Uang Sekitar 3,6 M

Komentar