Gelar Komissioning Test, Kepala Dinas Perhubungan Sumut : Terminal Kabanjahe Tipe B Modern Pertama di Sumatera

Berita, Karo2801 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara, Ir Abdul Haris Lubis, Msi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, SH, MH dan Kepala Unit Pelayanan Terpadu Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perehubungan (UPT PSPP) Terminal Kabanjahe, Dameria Tampubolon, gelar pemeriksaan dan pengujian instalasi (Comissioning Test) khusus pompa hydrant untuk pemadam kebakaran yang telah terpasang yang akan dilaksanakan, Senin (7/12/2020) Pukul 15.00 WIB.

Hal itu dilakukan, mengingat kontrak pekerjaan pembangunan terminal type B Kabanjahe berakhir pada 10 Desember 2020. Jadi, komisioning test perlu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pemasangan dan penyetelan dari tiap-tiap peralatan selama konstruksi/pembangunan dan pemasangan pompa hydrant telah baik, kata Abdul Haris Lubis.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa pompa utama pada jarin­gan instalansi fire hydrant yang fungsinya memasok air dari ground tank (tan­dor reservoir) ke pipa pipa dalam saluran fire hydrant sampai keujung pengeluaran (nozzle) pada hydrant pillar untuk luar gedung/hydrant box yang ada didalam ge­dung saat terjadi kebakaran pada area yang diproteksi, ujarnya.

Terminal Kabanjahe

“Nah, hasil dari uji kelayakan pompa hydran ini berjalan lancar dan cukup memuaskan. Nantinya, bila mobil pemadam kebakaran Pemkab Karo butuh air langsung ke terminal saja pun bisa, hydran kita ini sanggup menyuplainya,” sebut Abdul Haris Lubis.

Dia juga menyebutkan seputaran terminal ditanami aneka bunga-bungaan dan buah yang nantinya bisa petik sendiri. “Aneka bunga dan buah di lokasi terminal sebagai pertanda bahwa Kabupaten Karo, selain dikenal penghasil sayur juga penghasil bunga-bungaan dan buah, jadi terminal ini sekaligus ikon baru kota Kabanjahe,” sebutnya.

Terminal Kabanjahe

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara, proyek pembangunan Terminal Kabanjahe direncanakan menjadi terminal tipe B modern pertama di Sumut, bahkan di Pulau Sumatera, untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Senada, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba, SH, MH menambahkan, masyarakat Karo patut berbangga, Terminal Kabanjahe pilot projekt terminal tipe B modern pertama di Sumut, bahkan di Pulau Sumatera.

Desain dan konstruksinya (materialnya), dilengkapi tiketing, ruang tunggu penumpang, parkir bus, ada juga sarana untuk disabilitas, Mushollah, ruang baca, ruang bermain anak (ramah anak), ruang laktasi, food court, ruang pamer kerajinan dan produk lokal, progresnya sudah mencapai 99 persen, sebutnya.

Terminal Type B Kabanjahe

“Hal itu ditujukan untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai lintasan dan pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba,” tuturnya sembari mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Perhubungan Sumut maupun Pemprovsu yang telah memprioritaskan pembangunan Terminal Type B modern pertama di Sumut. (R1)