Hadiri Kerja Tahun Mahpah Desa Budaya Dokan, Bupati Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Lokal

Karo2419 x Dibaca

Merek, Karosatuklik.com – Kearifan budaya lokal dan adat istiadat masyarakat Karo hendaknya terus dirawat dan dilestarikan sebagai jati diri masyarakat terutama generasi muda agar tidak terpengaruh oleh berbagai budaya luar yang bertentangan dengan kebudayaan, adat istiadat, dan kerukunan hidup masyarakat di Kabupaten Karo.

Hal itu disampaikan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang saat menghadiri Pesta Budaya Tradisional Karo, “Kerja Tahun Mahpah” Desa Budaya Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Sabtu (20/04/2024).

Masih dalam sambutannya, Bupati Cory Sebayang menyebutkan, budaya adalah aset bangsa yang tak ternilai harganya, untuk itu dengan peran kita masing-masing besinergi antara pemerintah, masyarakat dan berbagai stakeholder dalam pelestarian budaya, ujarnya

Bupati Karo juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari seluruh masyarakat Desa Dokan. Cory Sriwaty Sebayang juga menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh panitia yang sudah mempersiapkan hiburan berupa tarian, ndikar, dan pertunjukan budaya lainnya.

“Desa Budaya Dokan merupakan salah satu desa budaya Karo yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, jadi mari seluruh masyarakat Desa Dokan kita bersama- sama menjaga dan merawat warisan budaya Karo, pesta budaya kerja tahun tetap lestari, karena ini sangat penting menjaga warisan leluhur Karo tidak punah tergerus alam modernisasi yang semakin pesat saat ini,” ujarnya.

Diketahui, tiga desa budaya di Kabupaten Karo yang dapat dijadikan sebagai daya jual bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba maupun ke objek wisata lainnya.

“Ketiga desa budaya itu yakni, Desa Pengambatan, Desa Lingga dan Desa Dokan,” ucapnya.

Selain itu, dia juga menghimbau warga menjaga keamanan, kebersihan, dan ramah terhadap wisatawan yang datang berkunjung. Agar wisatawan merasa nyaman dan ingin kembali berkunjung ke Desa Budaya Dokan, pesan Bupati.

Turut mendampingi Bupati Karo, Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Karo, Mulianta Tarigan, Inspektur, Sodes Sembiring, Kadis Kominfo, Frans Leonardo Surbakti, Kadis Pariwisata, Munarta, Kadis PUTR, Eduard P Sinulingga, Kabag Umum, Hotman Brahmana, Camat Merek Bartholomeus Barus, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Natanael Perangin angin, SH, MAP. (R1)

Baca Juga:

  1. Hadiri Pentas Budaya Dokan, Bupati Karo: Kebangkitan Ekonomi Kreatif dan Budaya Lokal
  2. “Siwaluh Jabu” Perlahan Tergerus Modernisasi
  3. Membumikan Mahakarya Warisan Leluhur Karo

Komentar