Bupati Cory Sebayang Himbau Petani Wortel Karo Gunakan Bibit Wortel Varietas Gundaling

Karo2824 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Tidak seperti biasanya, diluar kesibukannya yang padat, di hari libur (Sabtu), Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyempatkan mengunjungi petani wortel di Desa Rumah Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Sabtu (20/04/2024).

Didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Ir. Metehsa Karo-Karo dan Kepala Dinas Kominfo, Frans Leonardo Surbakti, Bupati melakukan peninjauan langsung ke ladang worzel Musa Purba yang merupakan petani wortel yang menggunakan bibit wortel yang berasal dari luar daerah Kabupaten Karo.

Adapun alasan Musa Purba menggunakan bibit dari luar Kabupaten Karo karena sulitnya menemukan bibit lokal pada saat ia ingin menanam wartel.

Bibit Wortel Varietas Gundaling

Setelah lama berdialog, Bupati menghimbau petani wortel untuk membuat bibit wortel sendiri, agar petani tidak mengalami kerugian nantinya. Karena benih wortel dari luar daerah ini, belum diketahui kualitasnya.

“Petani harus memilih bibit wortel yang jelas asal usulnya, dan jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran dan tidak terpengaruh dengan kelangkaan bibit lokal,” tuturnya.

Alasan menggunakan benih lokal, sambung Cory Sebayang, kualitas benih terjamin, sehingga nantinya petani wortel bisa kita mendapat keuntungan yang lebih besar, ungkap dia.

“Kabupaten Karo memiliki bibit wortel varietas Gundaling yang sudah tersertifikasi dengan hasil produksi yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari warna sampai dengan ukuran wortel ketika dipanen,” sebut Bupati.

Seperti diketahui, Kabupaten Karo, dikenal sebagai daerah pertanian tertua di Sumatera Utara, merupakan salah satu sentra penghasil tanaman wortel kualitas terbaik di Indonesia.

Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang, karena mengandung vitamin A yang tinggi. Wortel termasuk tumbuhan sayur dalam famili Apiaceae, termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya renyah.

Wortel memiliki banyak manfaat, selain meningkatkan kesehatan mata, kandungan yang ada di dalam wortel juga bisa memberi banyak manfaat lain.

Sekedar mengingatkan kembali, pada tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Karo telah berhasil memenangkan Apresiasi Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) sebagai juara 1 Tingkat Nasional (Kabupaten/Kota dan Provinsi) dengan Kategori Perlindungan Varietas Lokal.

Legal aspect (kepemilikan) varietas lokal menjadi lebih jelas. Hal ini dimaksudkan agar identitas varietas lokal tersebut mendapatkan perlindungan hukum, sehingga apabila dikemudian hari varietas tersebut dimanfaatkan oleh pihak lain, maka pihak lain tersebut harus meminta ijin kepada pemilik varietas lokal untuk mendapatkan manfaat ekonomi.

Ketiga Komooditi Tersebut Diberi Nama :

  1. Wortel Karo
  2. Ercis Berastagi
  3. Kol Bunga Karo

Penghargaan (Apresiasi) tersebut diberikan oleh Menteri Pertanian RI yang diwakilkan oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur pada tanggal 6 Desember 2017 yang lalu.

Dengan demikian, varietas tanaman tersebut sah dan diakui pemerintah pusat ‘milik’ Kabupaten Karo dan sudah tercatat di Pusat Perlindungan Variates Tanaman dan Perizinan (PVTPP). (R1)

Baca Juga:

  1. Wortel Terbaik di Indonesia Dari Kabupaten Karo
  2. Bupati Cory Sebayang Sebut Karo Agro Expo 2023 Bakal Dihadiri Buyer Sejumlah Negara Luar, Peluang Cuan Bagi Petani
  3. Petani Karo Boleh Berbangga Mendapat Lisensi 10 Varietas Tanaman Dari PVTPP

Komentar