Jika Mendahului Xiaomi 15, Realme GT 7 Pro Jadi HP Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 4

Teknologi2402 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Petinggi Realme mengonfirmasi bahwa mereka siap merilis HP flagship dengan chipset terkencang pada tahun ini. Apabila mendahului Xiaomi 15, Realme GT 7 Pro diprediksi menjadi HP pertama dengan Snapdragon 8 Gen 4.

Leaker populer Digital Chat Station (DCS) membocorkan bahwa Realme GT 7 Pro akan mengusung Snapdragon 8 Gen 4. Ini menjadikannya smartphone pertama dengan prosesor tersebut di pasar global secara komersial. Hal tersebut menampik bocoran DCS sebelumnya.

Beberapa hari lalu, DCS meyakini bahwa Xiaomi 15 akan menjadi HP Snapdragon 8 Gen 4 pertama di dunia. Namun, ia kembali mengupdate bocoran serta mengklaim Realme GT 7 Pro lebih siap secara komersial.

“Realme GT 7 Pro menargetkan pasar global. Ini akan menjadi smartphone pertama dengan Snapdragon 8 Gen 4. Perangkat menonjolkan baterai besar dan lensa periskop,” kata Digital Chat Station melalui postingan di Weibo, Rabu (29/05/2024).

Chase Xu, Wakil Presiden Realme, baru-baru ini mengumumkan, perusahaan bakal meluncurkan Realme GT 7 Pro pada 2024. Debut pertama akan berlangsung di India. Setelah itu, perusahaan berencana memboyong Realme GT 7 Pro ke pasar internasional beberapa saat setelahnya.

Cukup menarik menantikan apakah Realme atau Xiaomi yang lebih cepat meluncurkan HP flagship dengan chip teranyar. Dikutip dari Gizmochina, Qualcomm menargetkan kecepatan clock puncak hingga 4,26 GHz pada Snapdragon 8 Gen 4. Laporan menunjukkan bahwa Qualcomm akan meluncurkan chip SD8G4 pada Oktober.

Ini menyirarkan perilisan HP Realme GT 7 Pro kemungkinan jatuh pada kuartal terakhir 2024. DCS turut membocorkan terkait kebutuhan daya Snapdragon 8 Gen 4. Menurut DCS, Snapdragon 8 Gen 4 akan menyedot lebih banyak daya.

Itu sebabnya HP flagship generasi mendatang bakal membawa baterai lebih besar. Kapasitas baterai diperkirakan berkisar 5.500 mAh hingga 6.000 mAh. Melalui laporan terpisah, perusahaan bersiap meluncurkan Realme GT 6. Smartphone tersebut bakal mengandalkan Snapdragon 8s Gen 3, RAM LPDDR5x, dan layar OLED 1.5K.

Desain Oppo Find X8 Series Terungkap, Diprediksi Bawa Snapdragon 8 Gen 4

Oppo diyakini sedang mempersiapkan HP flagship penerus Find X7. Mengusung nama komersial sebagai Oppo Find X8 series, desain perangkat ini bocor ke publik.

Tak hanya desain, rincian dapur pacu smartphone juga terungkap. Leaker populer Digital Chat Station (DCS) baru-baru ini mendeteksi keberadaan Oppo Find X8 series.

Sebagai informasi, Oppo Find X7 debut pertama kali pada Januari 2024. Meski baru rilis beberapa bulan lalu, Oppo telah menyiapkan generasi penerusnya.

Menurut DCS, Oppo Find X8 Ultra akan debut pada tahun depan. Dikutip dari Gizmochina, Oppo Find X8 series kemungkinan memiliki satu model dengan layar datar dan model lainnya dengan curved 2.7D di keempat sisi. Kedua perangkat bakal menampilkan bodi belakang dengan bahan yang terbuat dari kaca.

Oppo Find X8 dan Oppo X8 Pro diprediksi mengandalkan chipset Dimensity 9400. Model Ultra dispekulasikan mengusung Snapdragon 8 Gen 4.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, deretan perangkat dengan Snapdragon 8 Gen 4 mungkin bakal debut pada Oktober 2024 hingga Februari 2025.

Bocoran terpisah menunjukkan bahwa seri Find X8 mengemas baterai 6.000 mAh. Ini lebih besar dibanding baterai 5.000 mAh pada ponsel Find X7. Jika bocoran benar, Oppo Find X8 Ultra bakal bersaing dengan smartphone yang mempunyai dapur pacu Snapdragon 8 Gen 4.

Deretan smartphone tersebut diprediksi mencakup Xiaomi 15, Xiaomi 15 Pro, OnePlus 13, iQOO 13 series, Redmi K80 Pro, dan Samsung Galaxy S25 Pro. Snapdragon 8 Gen 4 akan mempunyai arsitektur inti “2+6”. Angka “2” bisa jadi merupakan core berkinerja tinggi, yang mungkin memiliki clock speed 3,6 GHz hingga 4,0 GHz.

Inti “6” lainnya kemungkinan merupakan core efisiensi tetapi rincian clock speed belum diketahui sejauh ini. Digital Chat Station mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 4 mencetak tes single-core sebesar 2.700 poin di Geekbench. Tes multi-core dari chipset premium ini mencapai 10 ribu poin. (R1/Suara.com)

Komentar