Kalah dari Kroasia Lewat Adu Penalti, Jepang Harus Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Sepakbola, Sport849 x Dibaca

Qatar, Karosatuklik.com – Langkah Jepang di Piala Dunia 2022 harus terhenti setelah kalah dari Kroasia 1-3 (1-1) dalam drama adu penalti saat laga 16 besar yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Adu penalti terpaksa digelar karena kedua tim bermain sama kuat 1-1 di waktu normal plus masa perpanjangan waktu 2×15 menit. Saat babak tos-tosan ini Kroasia berhasil menceploskan tiga gol dari empat tendangan, sedangkan Jepang hanya berhasil memasukan satu gol dengan tiga penendang lainnya gagal saat eksekusi.

Kemenangan ini membuat Kroasia melenggang ke fase selanjutnya, yakni babak perempat final, untuk melawan pemenang antara Brasil dan Korea Selatan yang baru akan bertanding dalam beberapa jam ke depan.

Jalannya pertandingan

Jepang mendominasi pertandingan di babak pertama. Tim Samurai Biru sempat memiliki sejumlah peluang di sepanjang babak pertama, namun baru mampu mencetak gol pada menit ke-44 lewat Daizen Maeda.

Berawal dari umpan silang Ritsu Doan, kemelut terjadi di depan gawang Kroasia. Bola mengenai Maya Yoshida dan mengarah ke Maeda. Dengan cepat Maeda kemudian melepaskan tendangan untuk menggetarkan gawang Kroasia.

Skor 1-0 untuk Jepang bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan Jepang vs Kroasia berlangsung lebih menarik dengan jual beli serangan terjadi. Kroasia kemudian menyamakan kedudukan lewat gol sundulan spektakuler Ivan Perisic.

Menerima umpan Dejan Lovren pada menit ke-56, Perisic yang tidak terkawal melepaskan sundulan dari jarak yang cukup jauh. Bola hasil sundulan Perisic melaju deras ke pojok kiri gawang Jepang tanpa mampu diselamatkan kiper Shuichi Gonda. Pertandingan pun imbang 1-1.

Setelah kedudukan berimbang, baik Jepang dan Kroasia sama-sama memiliki peluang bagus untuk mencetak gol kemenangan.

Pada menit ke-57, sebuah tendangan keras Wataru Endo berhasil ditepis Dominik Livakovic. Begitu juga dengan tendangan keras Luka Modric pada menit ke-63 yang berhasil ditepis Gonda.

Tiga menit kemudian giliran Ante Budimir yang membuang peluang setelah sundulan pemain Kroasia itu menyamping di sisi kiri gawang.

Setelah berbagai kesempatan di sisa babak kedua, skor imbang 1-1 tetap bertahan. Jepang vs Kroasia pun lanjut ke babak tambahan.

Tenaga para pemain Jepang dan Kroasia terlihat terkuras, membuat babak tambahan minim peluang. Satu-satunya peluang bagus terjadi pada menit ke-105 ketika Kaoru Mitoma melepaskan tendangan keras dari jauh lewat serangan balik dan diblok Dominik Livakovic.

Skor imbang 1-1 sepanjang 120 menit membuat laga Jepang vs Kroasia harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Kiper Dominik Livakovic menjadi pahlawan kemenangan Kroasia setelah menggagalkan tiga penalti Jepang. Sementara Kroasia hanya Marko Livaja yang gagal mengeksekusi penalti. (R1/Inilah.com)