Kapten Timnas Putri Indonesia Shafira Ika Coba Peruntungan di Klub Eropa

Sepakbola, Sport1300 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kapten Timnas Putri Indonesia, Shafira Ika Putri, mengungkapkan rencana besar untuk kariernya di masa depan. Saat ditemui dalam acara AXIS Nation Cup 2023 pada Selasa (2/8/2023), pemain berusia belum genap 20 tahun tersebut mengonfirmasi bahwa ia tengah bersiap untuk meniti karier baru di benua biru.

“Tahun depan ada trial luar negeri juga di Eropa,” ungkap Shafira dengan nada penuh semangat kepada inilah.com, di Jakarta, Selasa (2/8/2023).

Langkah ini diumumkan di tengah masa persiapan Timnas Putri Indonesia yang sedang menunggu event Piala AFF dan AFC.

“Timnas putri Indonesia saat ini sedang menunggu event Piala AFF dan AFC, para pemain kini sedang kembali klub masing-masing,” katanya.

Shafira akan menyusul jejak pemain Timnas Indonesia lainnya seperti Putri Zahra Muzdalifah yang berkarir di Cerezo Osaka Yanmar Ladies dan Shalika Aurelia Viandrisa yang bermain di klub Eropa, Roma Calcio Femminil.

Shafira Ika Putri, yang identik dengan nomor punggung 13, telah menjadi sosok pemimpin bagi Timnas Putri Indonesia. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini sudah menjadi pemain kunci dalam skuad Garuda Pertiwi, dengan lebih dari 20 caps bersama tim nasional sejak 2018.

Namun, dalam konteks sepak bola putri Indonesia, masih ada tantangan yang dihadapi. Sejak pertama kali terselenggaranya Liga 1 Putri pada tahun 2019, sampai saat ini belum ada kompetisi yang digulirkan oleh PSSI.

Merebaknya pandemi COVID-19 memaksa dunia sepak bola Indonesia tiarap selama kurang lebih satu setengah tahun. Meski tiga kasta sepak bola putra sudah digelar oleh PSSI dan PT LIB pada musim ini, tetapi Liga 1 Putri tidak mengalami nasib serupa.

Meski begitu kabar Shafira yang akan mengadu peruntungan di Eropa menjadi angin segar bagi sepak bola putri di Indonesia, yang saat ini sedang menunggu momentum untuk kembali berkembang.

Keberhasilan Shafira dalam trial nanti akan menjadi inspirasi bagi atlet-atlet putri lainnya di Tanah Air dan membuka peluang lebih luas bagi mereka untuk bersinar di kancah internasional. (Inilah.com)

Komentar