Kejagung Usut Jet Pribadi Diduga Milik Harvey Moeis: Jika Benar Disembunyikan, Kami Kejar!

Headline6701 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kejaksaan Agung RI mengklaim masih menelusuri keberadaan jet pribadi yang diduga miliki Harvey Moeis tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk 2015-2022.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung RI, Kuntadi memastikan akan menyita jet pribadi tersebut jika terbukti milik Harvey Moeis dan merupakan hasil daripada kejahatan korupsi timah.

“Masih kami telusuri, benar tidak itu. Pastilah kalau memang ada kaitannya, benar kepemilikannya atau disembunyikan pasti kami kejar,” kata Kuntadi kepada wartawan, Jumat (19/4/2024).

Jet pribadi yang diduga milik Harvey Moeis ini sebelumnya dikabarkan berada di Singapura. Kabar tersebut disampaikan perwakilan Indonesia Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus.

Dalam sebuah wawancara, Iskandar menyebut pesawat itu terparkir di Bandara Seletar, Singapura dan sudah dioperasikan lebih dari 200 kali.

Sederet Mobil Mewah Disita

Terbaru penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung RI menyita kembali dua unit mobil mewah milik Harvey Moeis. Dua mobil mewah milik jenis Toyota Vellfire dan Lexus tersebut disita lantaran diduga hasil korupsi timah.

“Dua (mobil disita) punya HM (Harvey Moeis), itu yang Lexus dan Vellfire,” ungkal Kuntadi.

Selain itu, lanjut Kuntadi, penyidik juga menyita dua mobil milik tersangka Robert Indarto alias RI selaku Direktur Utama PT SBS. Mobil tersebut jenis Mercy dan Toyota Zenix.

Kuntadi menyampaikan bahwa penyidik saat ini juga masih meneliti sejumlah arloji mewah milik Harvey Moeis yang sempat disita saat menggeledah kediamannya di Pakubuwono, Kebayoran Lama, pada Senin (1/4/2024) lalu.

“Kami koordinasi sama Badan Pemulihan Aset, barang-barang yang kita selanjutnya akan diserahkan ke Badan Pemulihan Aset,” katanya.

Dijerat Pasal TPPU

Sebagaimana diketahui, penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung RI telah menjerat Harvey Moeis dengan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU seperti tersangka Helena Lim.

Sebelumnya juga telah dilakukan penyitaan terhadap beberapa barang mewah dan mobil milik Harvey Moeis yang diduga hasil daripada korupsi. Mobil mewah tersebut berupa, yakni Rolls Royce dan Mini Cooper milik Harvey Moeis.

Mobil Rolls Royce ini diduga merupakan hadiah ulang tahun ke 40 yang diberikan Harvey Moeis kepada istrinya, Sandra Dewi

“Sepanjang barang barang tersebut ada kaitannya menjadi alat atau merupakan hasil kejahatan, pasti akan kami lakukan penyitaan,” pungkas Kuntadi. (Suara.com)

Komentar