Kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-78: Gerak Bersama Menuju Karo Maju

Karo2410 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Kabupaten Karo, salah satu kabupaten tertua di Sumatera Utara, merayakan peringatan hari jadinya yang ke-78 dengan mengusung tema “Gerak Bersama Menuju Karo Maju” yang digelar selama dua hari, yakni 8-9 Maret 2024 dipusatkan di Jalan Veteran Kabanjahe Depan Jambur Pemkab Karo Komplek Rumah Dinas Bupati Karo.

Setelah perdebatan yang cukup panjang di antara para tokoh Karo, akademisi, dan pemerintah, akhirnya pada tahun 2017 melalui rapat yang intens, diputuskan bahwa Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Karo jatuh pada tanggal 8 Maret 1946. Atau satu tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan NKRI oleh Bung Karno.

Penetapan tanggal dan bulan hari jadi didasarkan telaah dan pembahasan serta bukti data otentik pada rekam jejak peristiwa sejarah yang penuh romantisme, patriotisme dan heroisme, berpijak pada landasan historis sosiologis kuat secara de facto dan de jure dalam perkembangannya memiliki bukti kenangan yang membanggakan dengan segala dinamikanya.

Setiap tahun sejak tahun 2018, tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo. Perayaan ini ditandai dengan berbagai kegiatan, termasuk ziarah bersama ke makam pahlawan, paripurna istimewa DPRD, makan gratis, dan pesta hiburan rakyat.

Teatrikal Taktik Bumi Hangus

Pada peringatan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Karo menyajikan pesta hiburan rakyat (perkolong kolong) serta pentas teater yang mengangkat perjuangan para pejuang Karo dalam mempertahankan Bumi Turang, dengan mengangkat tema “Taktik Bumi Hangus”.

Hari kedua, peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-78, Bupati Karo melepas Fun Marathon 10K dan 5K di Jalan Veteran Kabanjahe dengan total peserta sebanyak 400 orang. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya olahraga.

Serba-serbi Perayaan HUT Kabupaten Karo

Pada hari yang sama, pemberian tali asih diberikan kepada atlet dan pelatih peraih medali pada Pekan Paralimpik Provinsi Sumatera Utara (PEPARPROVSU II) 2023.

Selain itu, Bupati Karo juga menyerahkan bantuan sosial berupa alat bantu kursi roda dan nutrisi bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Karo.

Tak hanya itu, juga dilakukan pembagian hadiah lomba konten kreatif yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo.

Bupati Karo juga menyempatkan diri untuk berkeliling ke stan dan membagikan makanan gratis kepada para pengunjung.

Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga menyelenggarakan pasar murah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh barang-barang dengan harga terjangkau.

Hingga malam hari berbagai hiburan masih terus diselenggarakan, termasuk penampilan spesial dari artis nasional Mawar De Jongh serta artis lokal dan band.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-78 ini tidak hanya menjadi momentum untuk merayakan sejarah dan keberhasilan Kabupaten Karo, tetapi juga untuk memperkuat semangat persatuan dan kolaborasi dalam menghadapi masa depan yang penuh harapan.

Keberadaan hari jadi Pemerintah Kabupaten Karo memiliki arti penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk memantapkan jati diri, sebagai landasan yang menjiwai gerak langkah ke masa depan. Penetapan hari jadi ini akan melengkapi identitas yang saat ini dimiliki Pemerintah Kabupaten Karo.

Menelisik Hari Jadi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo lewat jejak sejarah, menyikapi dan untuk memenuhi azas kepastian hukum dalam penyelenggaraan pemerintah daerah serta merefleksi kepentingan sejarah, sosial dan budaya Tanah Karo, terungkap bahwa 8 Maret 1946 adalah Hari Jadi Pemkab Karo. (R1)

Komentar