King Asean: Thailand, Pemilik 7 Gelar Piala AFF Gagal Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sepakbola, Sport1994 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Timnas Thailand gagal lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 meski pesta gol di laga pamungkas putaran kedua Grup C melawan Timnas Singapura.

Nasib tragis dialami Thailand di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, tersingkir dramatis meski memastikan pesta gol di Stadion Rajamangala, Selasa (11/6/2024).

Menjamu Timnas Singapura, Thailand diwajibkan menang dengan selisih minimal 3 gol atas tamunya untuk bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sayangnya asa itu hanya berbuah angan, meski skuad asuhan Masatada Ishii berhasil meraih kemenangan besar atas Singapura dalam pertandingan tersebut.

Akan tetapi, torehan 3 gol yang sebenarnya mampu membuat lolos menjadi sia-sia tak berguna karena Singapura berhasil menceploskan satu gol.

Chanatip Songkrasin dkk sebenarnya menguasai penuh jalannya pertandingan, meski melalui 30 menit pertama tanpa satu gol pun tercipta.

Barulah pada menit ke-37 publik Bangkok dibuat bersorak dengan aksi Suphanat Muenta yang berhasil menggetarkan jala gawang Singapura.

Meski begitu, Thailand dipaksa Singapura hanya bisa mencetak satu gol saja hingga babak pertama berakhir.

Lebih dari 50 ribu suporter yang memadati Stadion Rajamangala pun dibuat terdiam saat pertandingan memasuki menit ke-57.

Penyerang BG Pathum, Ikshan Fandi, berhasil mengoyak jala gawang Thailand kawalan Patiwat Khamai sekaligus menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1.

Gol kedua Thailand yang ditunggu-tunggu pun cukup lama terwujud, butuh waktu hingga 10 menit terakhir pertandingan untuk bisa mendapatkannya.

Poramet Arjvirai menjadi aktor terciptanya gol kedua Thailand di menit ke-79, sekaligus memecah keheningan stadion setelah skor dapat disamakan Singapura.

Kemenangan besar Thailand atas Singapura pun dipastikan lewat aksi Jaroensak Wonggorn di menit ke-86 yang membuat skor menjadi 3-1.

Hingga tujuh menit tambahan waktu, tak ada lagi gol yang tercipta, skor 3-1 menutup jalannya pertandingan pamungkas Thailand di putaran kedua fase Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hasil itu sekaligus memastikan langkah Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2026 terhenti, meski menang besar namun tak cukup menggeser posisi China dari peringkat kedua klasemen akhir Grup C.

Thailand dan China sama-sama mengoleksi 8 poin dengan selisih gol dan defisit gol yang sama yakni 9, namun skuad Gajah Perang kalah dalam hitung-hitungan head-to-head poin.

Tragisnya Thailand tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026, torehan tujuh gelar Piala AFF pun tak berguna untuk bisa melaju ke tahap terakhir Kualifikasi Piala Dunia.

Sementara itu Timnas Indonesia yang belum pernah meraih gelar Piala AFF, untuk pertama kalinya berhasil lolos ke putaran ketiga. Hebatnya lagi, dari Asean hanya Garuda yang lolos tahap terakhir Kualifikasi Piala Dunia.

Skuad Garuda memastikan tiket tersebut setelah mengalahkan Filipina di laga pamungkas fase Grup F dengan skor akhir 2-0.

Dua gol masing-masing dicetak Thom Haye menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Kemenangan Timnas Indonesia sekaligus memastikan peluang Vietnam melaju ke putaran ketiga lenyap begitu saja.

Bahkan sebelum laga Vietnam melawan Irak digelar, duel kedua tim baru akan dimainkan pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB nanti.

Reaksi Media Vietnam Lihat Gol Thom Haye, Gol Super dari Produk Super

Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Filipina di babak pertama lewat gol Thom Haye, media Vietnam bereaksi tercengang dengan aksi pemain yang dilabeli produk super oleh mereka.

Jalan menuju Piala Dunia 2026 terbuka untuk Timnas Indonesia setelah unggul 1-0 di babak pertama atas Filipina pada laga terakhir putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024), Timnas Indonesia sudah mendominasi permainan sejak menit awal pertandingan.

Hasrat mengamankan kemenangan disertai dukungan penuh dari suporter yang memadati SUGBK membuat Marselino Ferdinan dkk tampil trengginas sejak awal laga.

Serangan demi serangan dilancarkan, Filipina dilkepung hingga menit ke-30 tanpa mendapat satu pun peluang emas mencetak gol, bahkan mengancam gawang Skuad Garuda.

Meski sempat diwarnai blunder Ernando Ari ketika mendapat umpan backpass yang sempat membuat penonton yang hadir di stadion terhenyak tak percaya melihatnya.

Dua menit setelah itu, publik Gelora Bung Karno bersorak menyambut gol perdana Thom Haye untuk Timnas Indonesia di menit ke-32.

The Professor memanfaatkan ruang terbuka, sambil mengelabui satu bek Filipina sebelum melesatkan tendangan kaki kanan yang mengarah ke sisi kiri gawang Filipina.

Kevin Ray Mendoza yang diturunkan di laga ini oleh Tom Saintfiet hanya bisa terdiam, tak bergerak dari posisi berdirinya saat bola hasil sepakan Thom Haye merobek jala gawangnya.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tak berubah, Timnas Indonesia menapakkan satu kaki di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, keunggulan sementara Skuad Garuda membuat publik Vietnam ketar-ketir melihatnya, bahkan sampai dibuat tercengang dengan gol Thom Haye.

Secara khusus Soha.vn, memberikan pujian setinggi langit untuk gol super dari seorang pemain yang mereka labeli produk super Timnas Indonesia.

“Gol Indonesia, skor tercipta berkat upaya dari produk super mereka,” tulis Soha.vn.

“Dari jarak lebih dari 20 meter, Thom Haye melepaskan tembakan indah jarak jauh tanpa memberi kesempatan kiper Filipina untuk membloknya,” imbuh mereka.

Kedudukan saat ini tentu mengancam Vietnam, karena jika Filipina tidak bisa menyamakan kedudukan atau bahkan menang, maka dapat dipastikan nasib Vietnam selesai.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina sekaligus memastikan Vietnam tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad Garuda akan mengoleksi 10 poin jika mampu mempertahankan kemenangan atas Filipina di laga nanti.

Selain memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi, hasil ini juga memastikan Timnas Indonesia otomatis lolos ke Piala Asia 2027 Arab Saudi.

Tentu akan menjadi hadiah terindah untuk Shin Tae-yong sebelum menandatangani kontrak baru bersama Timnas Indonesia hingga 2027.

Pria Korea Selatan masih akan memimpin perjuangan skuad Garuda menuju Piala Dunia 2026 dengan target barunya.

Menarik dinantikan kejutan apa yang akan diberikan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia nanti. (SuperBall)

Komentar