oleh

Konferensi Nasional Sishankamrata Abad ke-21

Bogor, Karosatuklik.com – Wakasau Marsekal Madya Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S., menghadiri pembukaan Konferensi Sishankamrata abad ke 21, yang dibuka oleh Menteri Pertahanan , di Aula Merah Putih Pertahanan (Unhan) RI, Sentul, Bogor, Senin (14/6/2021).

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan Sishankamrata merupakan amanat konstitusi di dalam peraturan perundang-undangan.

Sishankamrata di abad ke–21 merupakan paradigma Pertahanan dan keamanan negara untuk lebih mampu menghadapi dinamika ancaman Militer, Nonmiliter dan Hibrida dengan mengintegrasikan seluruh sumber daya nasional.

Menhan mengharapkan konferensi akan meningkatkan kesadaran akan pertahanan.

Hal ini, lanjutnya, bukan semata-mata ditujukan untuk perang, melainkan untuk mewujudkan perdamaian, menjamin keutuhan NKRI, mengamankan kepentingan nasional, serta menjamin terlaksananya nasional.

Konferensi yang dilaksanakan selama empat hari yang dimulai dari tanggal 14–17 Juni 2021 dibagi dalam beberapa sidang pleno.

Sidang Pleno hari pertama di buka oleh Rektor Unhan RI Laksdya TNI DR. A. Octavian, dalam paparannya Rektor Unhan menyampaikan Naskah Akademik Penyesuaian Doktrin Pertahanan Militer dan Strategi Pertahanan Militer dalam Sishankamrata abad ke-21.

Baca Juga :  Ketua Satgas Nasional Ajak Warga Ikuti Vaksinasi Demi Pertahanan Diri

Sidang pleno kedua, Rektor Unhan RI Laksdya TNI DR. A. Octavian akan menyampaikan naskah akademik tentang penyesuaian Pertahanan Nir Militer klaster Ideologi dan Politik dilanjutkan dengan klaster Ekonomi, klaster Sosial dan , klaster Kamtibnas, keamanan manusia dan keamanan sosial dalam Sishankamrata abad ke-21.

Rencananya, rumusan Dokumen Strategis Sishankamrata abad ke-21 ini akan diserahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Presiden RI Joko Widodo pada hari Jumat 18 Juli mendatang.

Konferensi nasional dihadiri Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono, Dankodiklat TNI Letjen TNI Tiopan Aritonang, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Dankodiklatad Letjen TNI AM Putranto, S.Sos., Wakasal Laksdya TNI Ahmad Heri Purwono, Dankodiklatal Laksdya TNI Nurhidayat serta Dankodiklatau Marsdya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. (R1)

Komentar

Topik Terkait