Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Dibantai Irak

Sepakbola, Sport12517 x Dibaca

Irak, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dalam pertandingan pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bermain di Stadion Internasional Basra, Irak, Kamis (16/11/2023) malam WIB, Timnas Indonesia kalah telak 1-5. Irak langsung mengambil inisiatif permainan sejak wasit meniup peluit kick-off pertandingan.

Namun, rapatnya lini pertahanan Indonesia membuat Irak sulit menciptakan peluang berbahaya. Meski Irak mendominasi penguasaan bola, nyaris tidak ada ancaman ke gawang Nadeo Argawinata di 15 menit pertama.

Namun, Irak justru mampu mencetak gol lewat peluang pertama mereka pada menit ke-20. Berawal dari sapuan yang tidak sempurna dari Marc Klok, Bashar Resan mendapatkan bola di kotak penalti.

Ia mengecoh Asnawi Mangkualam sebelum melepaskan sepakan mendatar yang gagal dijangkau Nadeo. Irak menggandakan keunggulan pada menit ke-35 lewat gol bunuh diri Jordi Amat saat berusaha menghalau umpan pemain Irak.

Tertinggal dua gol, Indonesia tersentak dan berusaha tampil lebih menyerang di sisa babak pertama. Indonesia mendapat peluang pertama pada menit ke-38 lewat sundulan Elkan Baggott, namun masih melebar.

Indonesia akhirnya mampu memperkecil kedudukan di pengujung babak pertama lewat gol Shayne Pattynama. Menerima umpan Rafael Struick, Shayne yang melakukan overlap menjebol gawang Irak lewat sepakan kaki kiri.

Gol debut Shayne bersama Timnas Indonesia itu sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-1. Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan strategi dnegan memasukkan Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri.

Dengan masuknya dua pemain tersebut, Indonesia mulai mengambil inisiatif untuk melakukan serangan. Sayangnya, gawang Nadeo kembali harus kebobolan pada menit ke-60 lewat sepakan jarak jauh Osamah Bassam.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-80 melalui gol yang cetak oleh Youssef Amyn. Memanfaatkan umpan silang dari sayap kanan, Amyn melepaskan tendangan voli yang gagal ditepis Nadeo.

Tak puas dengan empat gol, Irak kembali menjebol gawang Timnas Indonesia pada menit ke-88 lewat gol Ali Al-Hamadi. Gol tersebut sekaligus menutup pesta gol Irak ke gawang Timnas Indonesia.

Hasil ini membuat Irak menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup F dengan raihan 3 poin. Sementara Timnas Indonesia harus terdampar di posisi juru kunci dengan tanpa poin.

Posisi kedua ditempati oleh Vietnam yang sukses mengalahkan Filipina 2-0 di pertandingan lainnya.

Vietnam Vs Filipina 2-0

Dari Manilla dilaporkan, Vietnam menang 2-0 atas Filipina pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F. Vietnam tampil sangat dominan.

Laga berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manilla, Kamis (16/11/2023). Dua gol Vietnam dicetak Nguyen Van Toan (16’) dan Nguyen Dinh Bac (90+4’). (R1/SuperBall)

Komentar