Menko Luhut Temui Rektor UI, BEM Kibarkan Bendera Kuning

Nasional1740 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke Universitas Indonesia disambut para mahasiswa dengan aksi demo dan orasi. Kedatangan Luhut kali ini untuk menemui Rektor UI Ari Kuncoro di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (12/4/2022).

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menggelar aksi unjuk rasa saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui Ari Kuncoro.

Puluhan mahasiswa melakukan aksi jalan kaki dari Halte Fakultas Kesehatan Masyarakat. Mereka berorasi sembari mengibarkan bendera kuning selama perjalanan ke Balai Sidang UI.

“Hari ini kami mengibarkan bendera kuning sebagai tanda matinya demokrasi Indonesia,” ucap Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (12/4).

Mahasiswa tak bisa masuk ke halaman Balai Sidang. Aparat pengamanan UI mengadang pilihan mahasiswa di jalan depan Balai Sidang UI.

Sementara di akun media sosislnya yang dikutip Redaksi Karosatuklik.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuliskan, pagi ini saya memenuhi undangan Rektor Universitas Indonesia (UI) untuk memberikan kuliah umum di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (11/4/2022).

Kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke Universitas Indonesia disambut para mahasiswa dengan aksi demo dan orasi. Kedatangan Luhut kali ini untuk menemui Rektor UI Ari Kuncoro di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (12/4/2022).

Sejujurnya saya merasa tidak enak karena baru bisa datang saat ini, padahal undangan sudah beliau berikan sejak 2 minggu lalu.

Dalam kesempatan kuliah umum tersebut, saya banyak menyampaikan mengenai beberapa hal terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang telah menunjukkan tren baik, karena pemerintah menggunakan basis IPTEK dan data sebagai dasar pembuatan kebijakan.

Lalu yang paling jadi perhatian saya adalah perekonomian negara yang mampu pulih dengan sangat cepat. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang tembus di atas 5% pada Q4, tingkat kepercayaan konsumen yang terus naik, serta turunnya tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Jelang perhelatan Presidensi G-20 di Indonesia, tentunya Indonesia harus memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi dunia.

Karenanya, Indonesia harus terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi termasuk di dalamnya pengembangan SDM dan R&D untuk mendorong inovasi.

Kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke Universitas Indonesia disambut para mahasiswa dengan aksi demo dan orasi. Kedatangan Luhut kali ini untuk menemui Rektor UI Ari Kuncoro di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (12/4/2022).

“Saya berharap UI sebagai salah satu pionir kampus di tanah air bisa mengambil peran penting ini. Meski di masa pandemi, inovasi dan riset dari universitas-universitas di Indonesia juga harus terus berjalan,” ucapnya.

Ketika akan pulang, ternyata saya sudah ditunggu oleh beberapa adik-adik mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasi mereka.

“Saya lalu memutuskan untuk menemui dan mendengarkan secara langsung apa yang jadi “concern” mereka. Saya anggap semua aspirasi tersebut adalah bagian dari proses kita berdemokrasi, seperti halnya unjuk rasa yang berlangsung di depan Gedung Parlemen, kemarin.,” kata Luhut.

Saya hanya ingin berpesan, bahwa kita semua harus semakin terbiasa dengan perbedaan pendapat, dan kita harus mau untuk saling mendengarkan, tanpa perlu ribut-ribut apalagi sampai melakukan kekerasan.

Sebagai orang tua, besar harapan saya bahwa kelak mereka yang memimpin bangsa ini bisa menyadari bahwa apa pun perbedaan pendapat yang hadir di tengah-tengah masyarakat, harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana. (Foto: Dok. Menko Luhut). (R1)