Ombudsman Ingatkan Subsidi Benih Jagung Rawan Penyelewengan

Catatan Redaksi1677 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Ombudsman RI mengingatkan pemerintah tentang adanya potensi penyelewengan dalam penyaluran benih jagung subsidi tahun ini.

Saat ini harga jagung untuk pakan ternah sudah menembus Rp9 ribu per kg, sedangkan harga jagung di tingkat petani sebesar Rp5 ribu per kg. Akhirnya pemerintah menjanjikan untuk menyalurkan benih jagung subsidi kepada para petani.

“Nanti kita lihat apakah di kebijakan tersebut di dalamnya ada potensi malaadministrasi. Kalau ada, maka sebelum program tersebut dilaksanakan maka kami upayakan mencegah malaadministrasi,” kata Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika kepada media di kantor Ombudsman RI, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Yeka menjelaskan salah satu tugas Ombudsman adalah melakukan pencegahan malaadministrasi penyelenggaraan pelayanan publik. Sebab ada potensi memanfaatkan situasi saat harga jagung mahal yang menyulitkan para peternak.

“Pemerintah mengeluarkan kebijakan memberikan bantuan jagung gratis, jagung untuk dua juta hektare,” ucap Yeka menegaskan.

Kebijakan subsidi benih jagung termasuk dalam anggaran tambahan Rp14 triliun yang dijanjikan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Cilacap Jawa Tengah. Selain benih jagung, anggaran tersebut juga untuk penambahan pupuk subsidi dan benih padi subsidi. (R1/inilah.com)

Komentar