Pastikan TPS Menjalankan Protokol Covid-19, Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba Ajak Masyarakat Tidak Golput

Berita, Karo, Politik1612 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si meninjau langsung kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 17 Kecamatan se-Kabupaten Karo, Selasa (08/12/2020).

Peninjauan dimulai dari Kecamatan Tiga Panah, Kecamatan Barus Jahe, Dolat Rayat, Merdeka, Simpang Empat dan Naman Teran.

Sekretaris Daerah Karo selaku ketua DESK Pilkada 2020 Pemkab Karo mengatakan, tujuannya meninjau kesiapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo yang akan berlangsung besok, terutama kesiapan TPS, penyelenggara dan logistik. Serta untuk mengingatkan petugas TPS betul-betul menerapkan Protokol Covid-19 secara ketat nantinya.

Selain memastikan penerapan protokol kesehatan di TPS dilakukan dengan sebaik-baiknya, terutama logistik yang diperlukan untuk menunjang penerapan prokes (tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, sarung tangan, dll, hingga kesiapan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas batas normal)

“Tadi kita bersama Desk Pilkada Kabupaten Karo dan penyelenggara memantau kesiapan TPS dan lokasinya. Dan Alhamdulillah semua mengikuti protokol kesehatan dan penyampaian undangan memilih pun sesuai prokes,” kata Kamperas Terkelin Purba.

Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba Ajak Masyarakat Tidak Golput

Dalam kesempatan itu, Sekda mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya dan tidak Golput.

“Jangan takut dengan Covid-19, karena protokol yang diterapkan oleh penyelenggara itu mulai dari sarung tangan sudah sesuai. Sehingga diharapkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berada di TPS dengan menerapkan CobLang (coblos pulang),” ujar Sekda

Dia mengatakan pelaksanaan pemungutan suara sudah diatur Standar Operasional Prosedur (SOP), dengan mengundang masyarakat dengan melakukan pembagian jam datang ke TPS, sehingga menghindari terjadinya kerumunan pemilih.

Kamperas Terkelin Purba mengaku Pilkada 2020 berbeda dari sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah bencana non alam pandemi Covid-19, sehingga diperlukan ‎adaptasi kebiasaan baru, yang pemilih diminta mengenakan masker, dan saat tiba di TPS diminta mencuci tangan, dan diperiksa suhu tubuh, dan gunakan sarung tangan yang telah disediakan.

‎”Pemilih harus selalu menjaga jarak, dan bagi yang bergejala sakit diarahkan ke bilik khusus,” pesannya.

Ditambahkan Sekda, setelah pulang dan sampai ‎ke rumah, sebaiknya segera mandi dahulu sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga. (R1)