Peringati Harkitnas ke-116, Pemkab Karo Gelar Upacara Bendera dan Ziarah Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe

Karo2042 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Karo menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Upacara tersebut dipimpin Dandim 0205/Tanah Karo, Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti selaku Inspektur Upacara bertempat di halaman upacara Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Senin (20/5/2024).

Upacara rutin yang digelar setiap tanggal 20 Mei tersebut, turut dihadiri Jajaran Forkopimda Kabupaten Karo atau yang mewakili, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Karo, instansi vertikal, unsur TNI, Polri, pegawai dan pelajar di lingkungan Pemkab Karo serta undangan terkait lainnya.

Dalam arahannya saat itu, membacakan sambutan Menkominfo RI, Dandim 0205/Tanah Karo, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti, mengatakan saat ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang, yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat.

“Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade kedepan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” pungkasnya.

Refleksi atas pilihan tersebut dikatakan bisa kita rujuk dengan “Berkunjung Kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Lebih dari seabad yang lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908 lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan sampai saat ini.

Selain itu, lanjut Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti membacakan amanat Menkominfo RI, sebelum Boedi Oetomo adalah R.A Kartini yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Kemudian, apa yang menjadi gagasan dari para embrio bangsa dirumuskan oleh Bung Karno sebagai Jembatan Emas.

“Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai Jembatan Emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir batin diatas tanah sendiri,” imbuhnya.

Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dirancangkan para pendiri bangsa. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia harus dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu penopangnya adalah adopsi teknologi digital.

Indonesia Emas 2045

Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa,” ujarnya.

“Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik ini lah seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. Mari kita rayakan kebangkitan Nasional kedua menuju Indonesia Emas,” ajaknya.

Usai Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Theopilus Ginting bersama unsur Forkopimda Kabupaten Karo menuju Makam Pahlawan Jalan Veteran Kabanjahe untuk melaksanakan ziarah dan tabur bunga untuk mengenang jasa para pahlawan. (R1)

Baca Juga:

  1. Pemkab dan Forkopimda Kabupaten Karo Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023
  2. Pemkab Karo Peringati Hari Pahlawan, SMP Santa Maria Kabanjahe Gelar Atraksi Drama Musikal
  3. Kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-78: Gerak Bersama Menuju Karo Maju

Komentar