Peringati HPSN 2024, Bupati Karo Apresiasi Bank Sampah Kandi-Kandi SMKN 1 Merdeka

Karo1823 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Karo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan tema Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif yang digelar di lapangan Open Stage Taman Mejuah-juah Berastagi, Rabu (21/2/2024).

Seperti diketahui, setiap tanggal 21 Februari, Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Tema tahun ini dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional. Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas.

Ikut peduli dengan permasalahan global tersebut, Pemerintah Kabupaten Karo melakukan kegiatan gotong royong bersama mengutip sampah plastik, kegiatan ini di ikuti oleh pelajar, masyarakat, ASN dan sejumlah OPD Kabupaten Karo.

Gotong Royong ini dilakukan di beberapa titik di Kecamatan Berastagi yaitu Jalan Veteran, Pasar Buah, Kompleks Taman Mejuah-juah Berastagi, dan seputaran Puncak Gundaling. Antusias pelajar SMK Negeri 1 Merdeka dalam hal menjaga kebersihan lingkungan juga dapat dilihat dengan adanya “Bank Sampah Kandi-Kandi SMK Negeri 1 Merdeka”.

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang melalui Kepala Dinas Kominfo, Frans Leonardo Surbakti, SSTP, mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 harus menjadi momentum untuk meningkatkan sinergitas dan kepedulian terhadap penyelesaian persoalan sampah di Kabupaten Karo, khususnya di Berastagi sebagai kota tujuan pariwisata,” ucapnya.

Momentum Menggugah Kesadaran Semua Pihak

“Ini harus jadi momentum yang baru buat kita bahwa masalah sampah tidak cukup hanya mengandalkan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) saja, tetapi keterlibatan semua harus kita mulai. Dalam hal ini, Bank Sampah Kandi-Kandi SMKN 1 Merdeka, patut diapresiasi dalam menjaga lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah plastik,” katanya.

Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan masyarakat dan pelajar di dalam mengolah sampah dan menjaga lingkungan sekitar dengan baik dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik.

Lanjut dia, penyelesaian sampah ini masalah mengubah pola pikir, tentunya, tidak semudah membalikan telapak tangan. “Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten Karo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan tema atasi sampah plastik dengan cara produktif, bertujuan menggugah kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan mengurangi penggunaan plastik,” pesan Frans Leonardo Surbakti didampingi Kepala SMK Negeri 1 Merdeka Mbina Bangun, S.Pd, M.Psi.

Sekedar mengingatkan kembali, peringatan HPSN dilaksanakan setiap 21 Februari di Indonesia untuk mengenang peristiwa longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah di Jawa Barat yang terjadi pada tanggal yang sama pada 2005. Kejadian tragis itu menewaskan lebih dari 140 orang yang kebanyakan bekerja sebagai pemulung. (R1)

Komentar