Persiapan Hadapi Irak dan Filipina, Ini Jadwal Timnas Indonesia Mulai Latihan

Sepakbola, Sport3261 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dan Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 6 dan 11 Juni 2024. Lantas, kapan skuad Garuda akan memulai persiapan?

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menginformasikan bahwa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan mulai kumpul pada 27 Mei. Sehari setelahnya, latihan perdana akan dilakukan.

“27 (Mei) malam pemain kumpul. Tanggal 28 (Mei) pagi, sudah mulai TC (pemusatan latihan-Red),” kata Sumardji saat dihubungi Suara.com, Jumat (17/5/2024).

Adapun untuk pertandingan melawan Irak dan Filipina, pelatih Shin Tae-yong memanggil 22 pemain. Ini adalah kekuatan terbaik meski sejumlah nama tidak disertakan juru taktik asal Korea Selatan itu.

Sebut saja Witan Sulaeman yang tak bisa bergabung karena akan menunaikan ibadah haji. Kemudian Marc Klok dan Elkan Baggott yang alasan pastinya belum diketahui.

Khusus Elkan muncul spekulasi bahwa STY sengaja tak memanggil karena sebuah masalah. Sebab, pemain Ipswich Town itu sempat mengabaikan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Olimpiade 2024 beberapa waktu lalu.

Sebelum laga melawan Irak dan Filipina berlangsung, Timnas Indonesia dijadwalkan menggelar laga uji coba kontra Tanzania. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Madya, Jakarta pada 2 Juni 2024.

Namun, belum diketahui apakah pertandingan ini bisa digelar dengan penonton atau tidak. PSSI belum memberikan informasi terkait hal ini.

Ikuti Toulon Tournament, Indra Sjafri Tak Akan Bawa Marselino Ferdinan

Pelatih timnas Indonesia U-20 sekaligus Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengaku tidak akan membawa Marselino Ferdinan ke ajang Toulon Tournament yang akan digelar di Prancis pada bulan Juni 2024 nanti. Melansir dari akun tiktok @tebingtinggivideo, pelatih berusia 60 tahun tersebut menyebut ajang ini akan difokuskan untuk seleksi pemain timnas U-20 dan juga ajang uji coba jelang AFF Cup U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2026 yang digelar akhir tahun ini.

Toulon Tournament sendiri sejatinya mengijinkan tim undangan untuk memakai pemain hingga batas usia 22 tahun. Namun, skuad garuda lebih memilih menurunkan skuad timnas U-20 di ajang tersebut. Namun, nama Marselino Ferdinan tidak akan dibawa kendati sang pemain masih berusia 19 tahun saat turnamen bergulir nanti.

“Marselino sudah nggak bisa. Saya sama dengan Toulon turnamen pertama yang kita ikut (2017), yang kita satu grup dengan Brasil waktu itu kan kita U-19. Ini juga kita pergunakan dan kita sepakat dengan PSSI, kita pergunakan ajang ini untuk uji coba timnas U-20,” ujar Indra Sjafri.

Tidak dibawanya Marselino Ferdinan ke dalam skuad U-20 kendati masih memenuhi syarat dari segi usia tentunya cukup dimaklumkan. Pasalnya, mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut memang dianggap sudah tidak perlu bermain di skuad timnas U-20 karena kemampuannya sudah jauh melampaui rekan-rekan seusianya. Ditambah lagi Marselini Ferdinan juga sudah bermain reguler dengan timnas Indonesi senior sejak lakoni debut di tahun 2022 silam.

Indra Sjafri Akan Uji Para Pemain Keturunan di Toulon Tournament

Lebih lanjut lagi, Indra Sjafri kemungkinan akan memanggi 6 dari 7 pemain keturunan untuk masuk ke dalam skuad timnas U-20 untuk dilihat secara langsung kualitasnya. Para pemain tersebut adalah Xavi Wouldstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, Sacha Deighton, dan D’Leanu Arts. Sejatinya ada nama Jens Raven dalam deretan pemain tersebut, akan tetapi dirinya dianggap sudah memenuhi kriteria pelatih dan akan langsung lanjut ke tahap naturalisasi.

“Kalau (tim) senior, informasi sudah banyak tentang si pemain, background dan profil sudah cukup untuk menentukan dia yang terbaik. Oleh karena itu, dari tujuh pemain ini, di luar Jens Raven, saya minta kepada ketum untuk saya ajak dulu ke Turnamen Toulon,” ujar Indra Sjafri.

Toulon Tournament sendiri dijadwalkan akan mulai bergulir pada 3 Juni hingga 19 Juni 2024 mendatang di Paris, Prancis. (Suara.com)

Komentar