Pj Gubernur Sumut: Bela Negara Pilar Jaga Integritas-Identitas Bangsa

Sumut1263 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga semangat bela negara.

Karena bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga melibatkan seluruh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin usai memimpin upacara Hari Bela Negara ke-75, di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, Deliserdang, Selasa (19/12/2023).

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh masyarakat, jiwa bela negara harus senantiasa kita tanam dalam diri kita, sebagai Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Hassanudin menyampaikan, Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi seluruh rakyat untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju.

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) adalah wujud konkret dari Bela Negara.

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air,” imbuh dia.

Turut hadir, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Baskami Ginting, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, Kepala OPD Pemprov Sumut, serta para peserta upacara yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI, organisasi kemasyaratakan, resimen mahasiswa, dan pelajar. (R1)

Komentar